Rabu, Oktober 28, 2020

Perbanyak “Spot Diving,” Dispar Tual Gandeng Polikant Bikin Eksplorasi Bawah Laut

Polikant akan terus mengupdate para pelatih selam dan sumber daya peralatan selamnya untuk mendukung pemerintah daerah.


Tual, suaradamai.com – Dinas Pariwisata Kota Tual bekerja sama dengan Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) akan mengidentifikasi spot diving di Bumi Maren.

Untuk saat ini, Kota Tual memiliki tiga lokasi spot diving, antara lain beberapa titik di Pulau Bair, sejumlah titik di Pulau Adranan, dan beberapa titik lagi di Mangur.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun, potensi spot diving di Kota Tual masih besar. Hanya saja belum dieksplor dengan baik. Untuk itu, melalui kerja sama dengan Polikant, diharapkan dapat memperbanyak spot diving agar menambah daya tarik pariwisata.

“Lau kita ini luas. Lebih luas dari daratan. Kita punya banyak spot diving. Hanya saja belum dieksplor. Beberapa (spot) kita sudah buktikan dengan gambar, video. Saya percaya, banyak. Oleh karena itu nanti tahun depan mau bikin eksplorasi,” kata Enggelina kepada suaradamai.com di sela-sela kegiatan pembukaan pelatihan pemandu wisata selam di Rumah Makan Pelangi Dumar belum lama ini.

Hal senada disampaikan Direktur Polikant yang juga adalah Ketua Polikant Diving Club (PDC), Jusron A. Rahajaan. Menurut Rony, sapaan Jusron, sejak penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkot Tual dengan Polikant, pihaknya berkomitmen mendukung rencana strategis yang dijalankan pemerintah daerah untuk membangun Kota Tual, terutama dalam lingkup perikanan dan kelautan.

“Kedepan Dispar dan kami akan mengidentifikasi potensi spot wisata selam sehingga mereka bisa memasarkan untuk kepentingan pengembangan pariwisata dan bisnis pariwisata kedepan,” kata Rony kepada suaradamai.com di sela-sela aktivitasnya melatih 40 peserta pelatihan pemandu wisata selam di Kolam Renang Ngadi, Rabu (14/10/2020).

Rony menambahkan, Polikant akan terus mengupdate para pelatih selam dan sumber daya peralatan selamnya untuk mendukung pemerintah daerah.

Editor: Labes Remetwa


Potensi spot diving masih besar. Tahun depan, Dispar dan Polikant bikin eksplorasi.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU