Pj Walikota Ambon: Tarif Angkot Naik 18 hingga 20 Persen

Penyesuaian tarif ini menyusul kenaikan harga BBM jenis Solar, Pertamax dan Pertalite secara nasional pekan lalu.


Ambon, suaradamai.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, resmi mengesahkan penyesuaian tarif Angkutan Kota (Angkot).

Penyesuaian tarif ini menyusul kenaikan harga BBM jenis Solar, Pertamax dan Pertalite secara nasional pekan lalu.

Pj Walikota, Bodewin Wattimena usai upacara HUT Ke 447 Kota Ambon, Rabu (7/9) di Lapangan Merdeka Ambon menerangkan, keputusan penyesuaian tarif angkot telah dibicarakan bersama antara Pemkot dengan Asosiasi Sopir Angkutan Kota Ambon (ASKA) dan disetujui DPRD.

“Setelah kita berdiskusi dengan ASKA untuk sama-sama cari jalan keluar untuk penyesuaian tarif, dan DPRD tidak keberatan atau menyetujui dengan beberapa perubahan yang dilakukan, maka semalam (Selasa/6/9) saya telah menandatangani Peraturan Walikota (Perwali) untuk penyesuaian tarif angkot di Ambon,” jelasnya.

Dikatakan, penyesuian tarif yang berlaku mulai hari ini, kenaikannya bervariasi antara 18 hingga 20 persen, Namun Pj Walikota menjamin, kenaikannya tersebut tidak jauh dari presentasi kenaikan Harga BBM.

“Selain ada rumus yang sudah ada sesuai Peraturan Menteri Perhubungan, namun kita pertimbangkan sesuai jarak, medan jalan, apakah datar atau ada tanjakan yang turut mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan, dan ini sudah kita diskusikan bersama DPRD,” bebernya.

Sebelumnya, Pj Walikota mengatakan kesepakatan penyesuaian tarif angkot tidak dapat diputuskan sepihak, namun harus melibatkan DPRD sebagai representasi masyarakat.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU