Polikant Dipercayakan Dampingi Dua SMK di NTB dan Maluku Utara

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun lalu, Polikant mendampingi satu sekolah dalam program SMK Pusat Keunggulan, yaitu SMK Negeri 1 Tual.


Langgur, suaradamai.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) RI mempercayakan Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) untuk mendampingi dua SMK dalam program SMK-Pusat Keunggulan (SMK-PK).

Program SMK PK merupakan program Direktorat Pendidikan SMK Kemendikbudristek, yang bertujuan melakukan pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam rangka peningkatan kualitas dan kinerja.

Dalam program ini ada program pendampingan yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang memenuhi kriteria, salah satunya adalah Polikant, untuk membantu SMK mencapai output.

Tahun lalu, Polikant dipercayakan mendampingi SMK Negeri 1 Tual, Maluku. Di tahun kedua ini, Polikant kembali mendapat kepercayaan mendampingi dua sekolah yaitu SMK Negeri 1 Kota Bima di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan SMK Negeri 5 Tidore di Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Tahun lalu Polikant mendampingi SMK Negeri 1 Tual, Maluku, dalam hal pengembangan teaching factoy, hingga bagaimana mendekatkan SMK dengan industri yang punya kompetensi sama dengan jurusan di sekolah tersebut,” ungkap Wakil Direktur (Wadir) IV Bidang Kerjasama Polikant, Ismael Marasabessy, Jumat (1/9/2023).

Ia melanjutkan, kali ini, pihaknya akan mendampingi dua sekolah di NTB dan Malut dengan kompetensi keahlian di bidang nautika atau pelayaran.

“Termasuk di dalamnya adalah kegiatan penangkapan ikan, karena nautika berkaitan dengan itu,” ungkap Marasabessy.

Ia menambahkan, Polikant akan mendampingi semua kegiatan yang dilakukan pada dua sekolah tersebut sampai akhir tahun.

Kampus biru itu sudah mengunjungi SMK Negeri 1 Bima pada akhir Agustus lalu, berkaitan dengan perkenalan dan program-program yang dicanangkan oleh sekolah tersebut.

“Direktur (Polikant) sudah ke sana (SMK Negeri 1 Bima). (Direktur) mengenalkan tentang Politeknik, dan mendapat informasi tentang apa yang dilakukan oleh jurusan nautika dan penangkapan di sekolah tersebut,” ungkap Marasabessy.

Dari kunjungan itu, Marasabessy melanjutkan, Polikant sudah mendapat gambaran tentang cara pendampingan yang akan dilakukan.

Sementara untuk Negeri 5 Tidore akan dikunjungi dalam waktu dekat.

Marasabessy menjelaskan, dalam program ini, memang fokus utamanya pada jurusan nautika. Tetapi, pendampingan oleh Polikant terhadap dua sekolah tersebut diharapkan memberikan multiplier effect pada jurusan lain, termasuk dalam kegiatan teaching factory (Tefa).

Dengan demikian, dosen yang dikirim oleh Polikant ke sana adalah yang punya keahlian bidang nautika dan penangkapan, serta dosen lain yang berhubungan.

“Kami melibatkan semua program studi (di Polikant), dimana ada wakil-wakil yang punya kompetensi yang berhubungan dengan jurusan yang ada di kedua sekolah ini. Selain nautika, penangkapan. Ada juga budidaya, pengolahan, dan pemasaran. Ada lima dosen yang terlibat,” sebut Marasabessy.

Ia berharap, kehadiran Polikant dalam program ini turut meningkatkan kualitas dan kinerja SMK Negeri 1 Bima dan SMK Negeri 5 Tidore.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU