Senin, Januari 18, 2021

Polres Jayapura Prakarsai Coffee Morning di Rumah Perdamaian

Coffee Morning bersama Forkopimda, FKUB dan tokoh masyarakat di Rumah Perdamaian Obhe Reay May digelar dalam rangka mewujudkan kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di wilayah Kabupaten Jayapura.

Jayapura (Sentani), suaradamai.com – Kabupaten Jayapura dalam kepemimpinan Bupati Mateus Aweytou telah mendapat penghargaan dari pemerintah pusat sebagai Kabupaten Ramah Anak dan Kabupaten Ramah Adat. Salah satu pendukung keberhasilan kabupaten tersebut adalah eksistensi Obhe Reay May (bahasa Tanah Tabi: Rumah Perdamaian).

Salah satu kegiatan yang diagendakan Obhe Reay May adalah Coffee Morning bersama Forkopimda, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) dan tokoh masyarakat dalam rangka mewujudkan kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di wilayah Kabupaten Jayapura.

Kali ini, atas prakarsa Polres Jayapura, acara Coffee Morning dilaksanakan di Obhe Reay May, Kamis (28/11/2019). Acara ini turut dihadiri oleh Assisten I Setda Kabupaten Jayapura, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Jayapura, Ketua FKUB Provinsi Papua, Dandim setempat, pimpinan perangkat daerah, Ondofollo/Ondowafi, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat/paguyuban dan media massa.

Dalam acara tersebut, sejumlah tokoh penting diberikan kesempatan untuk menyampaikan arahan atau pun nasehat sebagai pemantik diskursus. Mereka antara lain Kapolres Jayapura Victor Dean, Dandim Jayapura, dan Ketua FKUB Provinsi Papua Pendeta Herman Saud. Bukan hanya monolog, coffee morning juga diwarnai diskusi dan dialog bersama peserta yang berlangsung dengan hangat.

Dinamika pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan tersebut akhirnya melahirkan komitmen bersama untuk mewujudkan kamtibmas dengan sejumlah pesan penting. Pertama, kehadiran semua unsur dalam forum ini bertujuan untuk mewujudkan persatuan, kesatuan dan kedamaian dalam semua aspek kehidupan.

Kedua, kehadiran para pemimpin di Tanah Papua menandakan kecintaan pada daerah ini. Hal ini harus direspons seluruh lapisan masyarakat dengan lebih mencinta dan bangga pada Tanah Papua. Kecintaan tersebut hendaknya terus dipelihara terutama menjelang masa advent yang perlu disambut dengan suka cita dan kedamaian.

Ketiga, Kabupaten Jayapura bisa damai dan kondusif karena dukungan dari semua suku dan doa-doa dari Tokoh Agama.

Keempat, forum ini mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua karena pembukaan dan penutupan akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura. Selain itu, forum juga menyatakan komitmennya untuk menyukseskan kebijakan Pemkab Go Adipura.

Kelima, hari Minggu tanggal 1 Desember 2019, bertepatan dengan hari AIDS sedunia, menjadi pintu gerbang Hari Raya Natal. Dalam bulan kelahiran Juru Selamat pembawa damai, masyarakat beribadah dan melaksanakan aktivitas seperti biasa.

Dan keenam, perlu komunikasi, koordinasi dan kerja sama untuk Kenambai Umbai Rey May di Tanah Papua umumnya dan Kabupaten Jayapura khususnya.

Acara coffee morning ditutup dengan menyanyikan lagu Hidup Ini Jadi Berkat dan dilanjutkan pernyataan sikap bersama dengan menyerukan salam Kerukunan. (franssirken/laurenmaturbongs/NR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?