Program “Praise and Worship,” Upaya KTM Kei Atasi Trauma Siswa Pasca Pandemi

Para peserta kegiatan begitu menikmati dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang bertajuk “Jesus Is My Live” tersebut.


Langgur, suaradamai.com – Sejumlah siswa Katolik pada SMA Sanata Karya (Saka) Langgur mengikuti kegiatan praise and worship (pujian dan penyembahan) yang digelar oleh Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) Kei, di gedung Katolik Center-Langgur, Senin (31/1/2022).

Pelayan Distrik KTM Kei Thomas Reyaan menjelaskan, kegiatan praise and worship merupakan bentuk kerja sama pihaknya bersama dengan beberapa sekolah.

“Hari ini, kami bersama SMA Saka, sebelumnya bersama SMP Budhi Mulia. Kami akan melaksanakan kegiatan yang sama dengan SMAK, STM, SMK Pariwisata, dan juga SMK Kesehatan,” ungkap Thomas.

Selain itu, Thomas menjelaskan, kegiatan yang dilakukan merupakan sarana pendalaman dan pengajaran iman atau pembinaan rohani bagi setiap siswa.

“Tujuan lain adalah pemulihan trauma atau trauma healing kepada para siswa setelah sekian lama berada dalam pandemi Covid 19,” jelas Thomas.

Menurut Thomas, trauma healing ini penting untuk segera dilaksanakan karena dampak pandemi cukup mengganggu psikologi para siswa, baik dalam beraktivitas maupun menjalani proses belajar mengajar.

Dia memandang metode praise and worship atau pujian dan penyembahan sebagai solusi terhadap trauma healing bagi siswa, mengingat mereka cenderung agak sulit bercerita, berekspresi perihal kecemasannya.

“Bahwa anak anak diberi kesempatan dalam kegiatan ini untuk dapat berinteraksi di antara mereka, secara kreatif bergerak bebas tidak terikat pada dogma gereja yang harus duduk sopan. Namun mereka bisa melampiaskan emosinya sekaligus berdoa bagi sesama,” terang Thomas.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut dapat memulihkan para siswa dari tekanan-tekanan pada masa pandemi.

Pantauan Suara Damai, para peserta kegiatan begitu menikmati dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang bertajuk “Jesus Is My Live” tersebut.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU