Puluhan Personel Bakamla Zona Maritim Timur Selesai Latihan Operasi

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latihan operasi bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam mengatasi ancaman kejahatan yang semakin berkembang di wilayah yuridiksi Indonesia.


Ambon, suaradamai.com – Puluhan personel Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur telah selesai melaksanakan latihan operasi keamanan dan keselamatan laut. Latihan itu digelar sejak 5 sampai 22 April 2021.

Latihan operasi bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam mengatasi ancaman kejahatan yang semakin berkembang di wilayah yuridiksi Indonesia.

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia berharap, personel Bakamla dapat terus berlatih dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, agar selalu siap, responsif, serta profesional dalam menjalankan tugas pokok, yakni operasi keamanan dan keselamatan laut.

“Saya tetap perintahkan kepada seluruh personel untuk berlatih, tidak hanya dalam gelar latihan saja, tetapi secara terus-menerus. Saya akan monitor melalui para deputi, direktur serta para Kazona,” kata Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, dalam arahannya yang dibacakan Kazona Timur saat upacara penutupan pelatihan, Kamis (22/4/2021).

Sementara itu, Kepala Bakamla Zona Maritim Timur (Kazona) Laksamana Pertama Arif Sumartono kepada wartawan mengatakan, dari keseluruhan pelatihan mulai dari latihan selam dasar, pemberkasan perkara kapal tangkapan, latihan komunikasi taktis, hingga menembak di laut, para personel mampu menjalankannya secara baik.

Dia pastikan latihan seperti itu digelar secara kontinyu demi meningkatkan kemampuan, sehingga terbentuk personel Bakamla yang tangguh, profesional dan responsif, kapanpun diperlukan.

“Para personel akan kita tingkatkan, misalnya untuk renang, baru melatih dasar dan diupayakan agar semuanya mendapat giliran guna mendukung tugas operasi di laut,” kata Kazona.

Dia berharap, melalui pelatihan ini, para personel dapat melaksanakan tugas dengan baik seperti mengawaki kapal, melaksanakan fungsi operasi keamanan dan keselamatan laut, serta pengoperasian semua peralatan yang ada di kapal.

Kegiatan pelatihan, lanjut Kazona, diikuti 57 personel meliputi personel di kantor Kamla Zona Maritim Timur, awak KN serta Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Ambon, Tual, Merauke, Jayapura dan Kupang.

Penutupan pelatihan ditandai pelepasan tanda peserta latihan dalam apel bersama yang dipimpin Kazona Timur.

Editor: Labes Remetwa


Latihan operasi akan digelar secara kontinyu demi meningkatkan kemampuan, sehingga terbentuk personel Bakamla yang tangguh, profesional dan responsif.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU