Rakor Pemutahiran Data, KPU Asmat Tetapkan 86.043 Pemilih

Dalam pelaksanan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan selama triwulan ketiga ini, KPU Asmat melakukan berbagai macam kegiatan penelitian dan verifikasi data pemilih dengan koordinasi dengan berbagai pihak.


Agats, suaradamai.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asmat melaksanakan Rapat Koordinasi Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (Rakor PDPB) periode triwulan III bulan September 2022, di Aula Kantor KPU Kota Agats, Jumat (30/9/2022).

Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Antoni Bassay Anakota dalam pemaparannya, mengatakan, rapat koordinasi dilaksanakan berdasarkan amanat Peraturan KPU No. 6 Tahun 2021 tentang Daftar Pemilih Berkelanjutan.

Lebih lanjut Anakota menjelaskan, dalam pelaksanan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan selama triwulan ketiga ini, pihaknya melakukan berbagai macam kegiatan penelitian dan verifikasi data pemilih dengan koordinasi dengan berbagai pihak.

“KPU kabupaten/kota diwajibkan untuk melakukan penelitian dan verifikasi. Dalam melaksanakan penelitian dan verifikasi tersebut, kami tidak sendiri, namun kami menggandeng Dinas Dukcapil, dimana ada beberapa elemen pendukung untuk membuktikan data itu benar atau tidak seperti data anomali, nama tidak sesuai, alamat tidak sesuai,” jelas dia.

Bukan hanya itu, lanjut Anakota, setelah berkoordinasi dengan Dukcapil, pihaknya turun ke lapangan dan mengecek langsung untuk memastikan kebenaran data pemilih.

Selain itu, ia mengaku mereka juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Sosial untuk memasukan data pemilih disabilitas.

“Tahun 2020 kita tidak punya data pemilih disabilitas namun setelah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, tahun ini kita sudah memiliki data pemilih disabilitas,” terang dia.

Ia menambahkan, selain berkoordinasi dengan pihak terkait, pihaknya juga melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung, terkait pemutahiran data pemilih berkelanjutan.

“Dalam tahapan itu, kami membagi brosur dan mengajak masyarakat untuk melihat data pemilih dengan mengecek melalui aplikasi playstore lindungi hakmu. Kami juga membuka posko pengaduan untuk mengakomodir setiap orang yang belum terdata dalam data pemilih berkelanjutan,” pungkasnya.

Berdasarkan Berita Acara Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode III bulan September 2022, KPUD Asmat telah menetapkan 86.043 pemilih. Dengan rincian, pemilih laki-laki berjumlah 45.047 orang dan pemilih perempuan 40.996 orang, yang tersebar di 23 Distrik, 221 kampung, dan 305 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Asmat.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Bupati Asmat, Kepala Disdukcapil, Kepala Kesbangpol, Komisioner Bawaslu, unsur TNI dan Polri, dan Para Ketua dan pengurus partai politik di Asmat.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU