Rapimnas Kadin 2022, Arsjad Rasid: Bangun Kemitraan Inklusif dan Kolaboratif

“Prestasi ini harus kita kawal bersama-sama. Kadin dan pelaku usaha siap bekerja sama mendukung pemerintah untuk terus memperkuat perekonomian negara dengan semangat inklusif, kolaborasi dan progresif dalam menghadapi segala tantangan yang kita hadapi, ke depan,” tutur Arsjad Rasjid


Jakarta, Suaradamai.com – Rapimnas Kadin 2022 bertujuan mengevaluasi kegiatan Kadin dan merancang program kerja 2023 yang selaras dengan strategi dan prioritas pembangunan nasional Indonesia. Kadin berkomitmen terus menjadi mitra strategis bagi pemerintah, promotor bagi industri Indonesia pada skala regional, nasional, dan internasional.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 M. Arsjad Rasjid P.M saat memberi sambutan pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang Indonesia 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2022).

Kadin Indonesia mengapresiasi kerja Presiden Joko Widodo, para menteri, dan seluruh perangkat pemerintah yang berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di tengah gejolak ekonomi global. Ekonomi Indonesia tumbuh 5,72 persen pada kwartal ketiga tahun 2022.

“Prestasi ini harus kita kawal bersama-sama. Kadin dan pelaku usaha siap bekerja sama mendukung pemerintah untuk terus memperkuat perekonomian negara dengan semangat inklusif, kolaborasi dan progresif dalam menghadapi segala tantangan yang kita hadapi, ke depan,” tutur Arsjad Rasjid.

Ketua Kadin itu berharap, menjelang pesta demokrasi 2024, kita bersama-sama menjaga stabilitas politik dan stabilitas keamanan untuk memastikan adanya pertumbuhan ekonomi nasional.

Kadin ingin menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan dan kemakmuran bersama, tidak hanya bagi generasi saat ini tetapi juga bagi generasi anak cucu di masa depan.

Kadin menjadi satu-satunya induk dunia usaha di Indonesia. Peran Kadin menjadi sentral dalam perekonomian nasional. Karena itu, Kadin berkomitmen menjadi mitra strategis bagi pemerintah dan sebagai promotor bagi dunia industri Indonesia.

Rapimnas Kadin 2022 mengusung tema “Kadin Kuat, UMKM Kuat, Ekonomi Darah dan Nasional Kuat, Indonesia Maju”. Arsjid Rasjid mengatakan, UMKM memainkan peran yang kuat dalam perekonomian nasional. Kontribusinya besar pada pendapatan nasional dan menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia.

Namun, saat ini, UMKM masih memiliki berbagai kendala dan tantangan. Ini menjadi fokus Kadin pada 2023. Sejauh ini Kadin melakukan berbagai program kerja untuk membantu UMKM agar naik kelas, sejalan dengan gerakan kemitraan inklusif. Salah satunya melalui platform digital wikiwirausaha.id untuk mendapatkan mitra, akses pasar, dan pembiayaan.

Kadin juga mendorong pelaku usaha untuk menerapkan kemitraan inklusif, sebuah kolaborasi multi stakeholder yang bertujuan memberi pendampingan dari perusahaan besar kepada perusahaan kecil.

Salah satu program kerja Kadin pada 2023 adalah merumuskan roadmap menuju Indonesia Emas 2045. Peta jalan bagi seluruh sektor dalam implementasi strategis pembangunan untuk mencapai target menjadi negara dengan ekonomi terbesar 4 dunia, termasuk peta jalan net zero emission dan peta jalan pengentasan masyarakat dari kemiskinan.

Dalam upaya ini, Kadin melibatkan seluruh komponen bangsa, baik Kadin daerah, asosiasi, akademisi, pemuka agama, dan pemangku kepentingan lainnya.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU