Satgas Angla GTPP Covid-19 Tual Gagalkan Penyelundupan 800 Liter Sopi

Tengah malam, empat Kru KM. Pesona diamankan di Mako Lanal Tual.


Tual, suaradamai.comSatuan Tugas Angkutan Laut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tual mengamankan empat kru KM. Pesona di Mako Lanal Tual karena menyelundupkan lebih dari 800 liter minuman keras tradisional jenis sopi tujuan Dobo, Senin malam (20/7/2020) pukul 23.00 WIT.

Penyelundupan yang dilakukan di KM. Pesona ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya Satgas menggagalkan penyelundupan enam jerigen berukuran 5 liter miras yang sama.

Komandan Lanal Tual yang juga adalah Dansatgas Angla GTPP Covid-19 Tual I. G. P. Wisnawa mengatakan sopi tersebut berasal dari Kota Ambon. Ratusan liter miras sopi selundupan itu dikemas dalam kantong plastik putih.

Danlanal Tual I. G. P. Wisnawa (kedua dari kanan) dan tim menunjukkan barang bukti di depan Gedung Yos Sudarso Mako Lanal Tual, Senin (20/7/2020). Foto:Labes Remetwa

Wisnawa menjelaskan, keberadaan sopi sangat berbahaya di tengah pandemi Covid-19, sebab dapat membuat orang berkumpul, melemahkan imun tubuh, dan mudah terserang virus. Dengan begitu, akan sulit untuk menekan penyebaran virus.

“Sopi ini akan menjadi sarana berkumpul yang membikin protokol kesehatan tidak terlaksana. Hal ini lebih banyak dilaksanakan di malam hari sampai dini hari. Ini akan mengurangi daya tahan tubuh. Begadang saja sudah membuat daya tahan tubuh dan imun ini lemah. Kemudian ditambah lagi konsumsi alkohol yang akan merusak organ tubuh. Jika terkena virus Covid-19, akan sangat berbahaya. Sulit ditangani oleh medis,” papar Wisnawa.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU