Sekda Maluku Hadiri Sertijab Danlanud Pattimura

Pada upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III, Marsda TNI TBH Age Wiraksono


Ambon, Suaradamai.com  – Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie mewakili Gubernur Maluku Murad Ismail, menghadiri upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Pattimura, Kamis (22/9/2022), yang berlangsung di Lapangan Mako Lanud Pattimura, Ambon.

Pada upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III, Marsda TNI TBH Age Wiraksono. Sedangkan Mayor Pom Adi Firmandadi yang menjabat Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Pattimura, bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara sertijab diawali dengan penghormatan pasukan, laporan Komandan upacara dilanjutkan pemeriksaan pasukan, pembacaan SK Kasau, pengambilan sumpah jabatan oleh inspektur upacara,  penyerahan Duaja Lanud Pattimura dari pejabat lama kepada inspektur upacara, penanggalan dan penyematan tanda jabatan pejabat lama, penyematan tanda jabatan pejabat baru, penyerahan  Duaja Lanud Pattimura dari inspektur upacara kepada pejabat baru, penandatanganan berita acara serah terima dan penandatangan fakta integritas, serta laporan resmi sertijab oleh pejabat lama dan baru.

Pangkoopsud III, Marsda TNI TBH Age Wiraksono dalam amanahnya mengatakan, tugas pokok TNI AU yang dibebankan kepada Komando Operasi Udara III dan diteruskan kepada Pangkalan Udara (Lanud) jajaran termasuk Lanud Pattimura, adalah menyiapkan personil dan pendukung untuk dapat mendukung pelaksanaan operasi yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Jika kita melihat perkembangan lingkungan strategis seperti di laut China Selatan, kita lihat berbagai kondisi perebutan kepentingan yang menyilang dan melewati perbatasan nusantara. Disitulah letak pentingnya kita siap secara personil, alutsista maupun pendukung untuk dapat melaksanakan operasi setiap saat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, tak lupa, Pangkoopsud III, Marsda Age mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Pnb. Andreas A. Dhewo beserta isteri atas dedikasi waktu dan tenaga saat menjalankan tugas di daerah berjulukan seribu pulau ini.

Dan selamat bertugas kepada Kolonel Pnb. Tiopan Hutapea selaku komandan baru beserta ibu.

“Tugas panjang menanti dan saya yakin, Insha Allah, dengan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, saudara dapat menjalankan tugas dengan baik dan mencapai cita-cita bangsa,” tandas Pangkoopsud Marsda Age.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Andreas Andreas Dhewo, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopimda) lainnya atas sinergi dan kerjasama yang baik saat ia menjabat Danlanud Pattimura.

“Terima kasih pak Gubernur, pak Kapolda, pak Pangdam, pak Danlantamal, pak Kabinda dan semua pihak atas kerjasamanya, masukan dan bimbingannya. Semoga komunikasi dan kerjasama yang kita bangun selama ini, tetap berjalan,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kolonel Pnb Tiopan Hutapea sebagai Danlanud Pattimura yang baru. Ia meminta doa restu dan kerjasama dengan para pimpinan Forkompinda. Dengan begitu, tugas yang ia emban bisa dijalankan dengan baik.

“Mohon ijin untuk bergabung dengan Forkopimda. Mohon diterima dengan hati terbuka. Apabila ada sesuatu yang kurang berkenan, kami mohon ditegur supaya dapat melaksanakan tugas sesuai amanat bapak Pangkoopsud,” ucapnya.

Hadir dalam upacara Sertijab, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Erwin Mangatas Malau, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan,  Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol Rohmad Nurasyid, Asintel Kajati Maluku Muji Martapo, Kabid Operasi Bakamla Zona Timur Kolonel Bakamla Eko Deni Hartono dan  Kepala Kantor SAR Ambon Mustari.

Hadir pula pejabat pada jajaran Lanud Pattimura, Asren Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Asintel Kolonel Sus Imam Madyawan, Askomlek Kolonel Lek Aang Sukmaya, Aslog Kolonel Tek Iwan Kristanto, Kepala Keuangan Letkol Adm Suranto, Kepala Hukum Kolonel Sus Ruddy Sonny, Ketua PIA Ardhya Garini Daerah III Koopsud III Melania Age Wiraksono serta sejumlah pengurus Pia Ardhya Garini Daerah III Koopsud III.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Sertijab berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Nomor Kep/23-PKS/IX/2022 tanggal 2 September 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan TNI Angkatan Udara.

Berdasarkan SK Kasau diatas, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea akan menjabat Danlanud Pattimura menggantikan pejabat sebelumnya Kolonel Pnb Andreas A Dhewo.

Kolonel Pnb Tiopan Hutapea yang merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1996 tersebut sebelumnya menjabat sebagai Paban I/Perencanaan Sops Mabesau.

Sedangkan Andreas yang merupakan alumni AAU tahun 1997 mendapat penugasan baru sebagai Kasubdisopsud Dinas Pengembangan Operasi Angkatan Udara (Disbangopsau), setelah satu tahun tujuh bulan bertugas di Ambon.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi!