Solidaritas Imam Projo Regio Papua di Agats, Dua Uskup Pimpin Misa Pembukaan

Kegiatan TUR Papua menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan membangun jejaring komunikasi antar sesama peserta TUR.


Agats, suaradamai.com – Pembukaan kegiatan Temu Unio Regio (TUR) Papua VI ditandai dengan misa perutusan yang dipimpin langsung oleh Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito, OFM dan Uskup Banjarmasin Mgr. Petrus Boddeng Timang, di Gereja Katedral Agats, Selasa (4/10/2022).

Turut hadir, Bupati Asmat Elisa Kambu, unsur TNI dan Polri, serta ratusan imam Diosesan (Projo) di lima keuskupan yang tergabung dalam wilayah Papua Barat dan Papua, yakni Keuskupan Agung Merauke, Keuskupan Agats, Keuskupan Timika, Keuskupan Sorong-Manokwari dan Keuskupan Jayapura.

TUR Papua VI mengusung tema “mendayung perahu bersama umat mewujudkan shalom dalam partisipasi Unio-Misio” ini akan berlangsung sepekan mulai dari tanggal 4-9 Oktober 2022.

Selain itu, Uskup Agats dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan TUR Papua menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan membangun jejaring komunikasi antar sesama peserta TUR.

“Memang ini menjadi suatu kesempatan untuk saling mengenal. Hal-hal yang besar mungkin ada, tetapi hal-hal yang sederhana penting sekali. Membangun jejaring komunikasi, musti saling berkenalan, dan ini saatnya. Mudah-mudahan, teman-teman bisa menikmati suasana yang khas, dan bisa membayangkan bagaimana gerak pastoral itu sendiri,” ujar Uskup.

Uskup Murwito juga mengapresiasi Bupati Asmat dan jajarannya serta umat yang telah membantu terselenggaranya kegiatan TUR Papua VI tersebut.

“Di tengah tengah kesulitan itu, Bapak Bupati mendengar, maka semua yang kurang lalu ditutup oleh Bapak Bupati. Ini karya karya Tuhan yang luar biasa yang kami alami. Saya juga mengucapkan banyak Terima kasih kepada umat Paroki Katedral dan Paroki Mbait atas hospitalitas,”

“Semuanya menjadi suatu tanda ungkapan partisipasi, suatu tanda ungkapan komunio, tanda kita semua diutus melalui cara kita masing-masing. Semoga Tuhan memberkati kita. Dormom,” pungkas Uskup Murwito.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU