Minggu, Juli 12, 2020

Update Covid

Perkembangan terkini virus corona di Provinsi Maluku

Beranda Kesehatan Sonya Si Gadis Bunga Dipastikan Jalani Perawatan di Ambon

Sonya Si Gadis Bunga Dipastikan Jalani Perawatan di Ambon

Sonya masih menunggu kelengkapan administrasi pasien, berupa photo copy, surat rujukan dari RSUD, dan kartu BPJS sebagai pelengkap dokumen pasien.

Tual, suaradamai.com – Maria Sonya Werbitu (16), Warga Kampung Pisang (Petak 20) Kelurahan Lodar El, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual dipastikan akan menjalani pemeriksaan dan pengobatan lanjutan di Kota Ambon usai dikeluarkannya Instruksi Wali Kota Tual Adam Rahayaan. Pemberangkatan Sonya ke Ambon direncanakan akan dilakukan setelah semua dokumen-dokumen rampung.

Saat ditemui di kediamannya, Ida Mina Balfid yang merupakan salah satu keluarga Sonya mengatakan, sesuai kesepakatan pihak keluarga, Sonya akan diberangkatkan pada hari Kamis (5/12/19) pagi dengan menumpangi pesawat.

“Apapun itu, kami dari pihak keluarga siap untuk mengantar Sonya ke Ambon. Dan kami sangat berterima kasih kepada bapak Wali Kota bersama dengan seluruh jajarannya yang telah berkenan mengunjungi serta mencurahkan perhatian penuh untuk membantu kami, terutama membiayai pengobatan Sonya,” ucap Ida kepada awak media ini, Senin (2/12/19).

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual dr. Betty Zubaedah saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, terkait dengan proses keberangkatan Maria Sonya Werbitu, pihaknya menunggu kelengkapan administrasi pasien, berupa foto copy, Surat Rujukan dari RSUD dan kartu BPJS sebagai pelengkap dokumen pasien.

Menurut Zubaedah, keberangkatan Sonya juga harus mendapatkan pendampingan dari petugas kesehatan dan pihak keluarga. Sehingga Dinkes Tual harus menyiapkan tiga tiket, masing-masing untuk pasien bersama satu pendamping dari pihak keluarga serta ditambah satu petugas medis dari Dinas Kesehatan.

“Jika seluruh administrasi pasien sudah siap, kami akan menyiapkan tiga tiket pesawat untuk tiga orang dimaksud. Sedangkan terkait petugas kesehatan pendamping, tergantung kepala puskesmas untuk siapa yang akan ditugaskan mendampingi Sonya,” ucap Zubaedah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tual Mansur Latar menjelaskan pihaknya menyiapkan dana untuk biaya hidup 10 hari bagi Sonya dan keluarga yang turut mendampinginya.

“Untuk biaya tiket keberangkatan dan biaya hidup pihak keluarga selama di Ambon, kami dari Dinsos dan pihak Dinkes sudah saling berkoordinasi. Nantinya biaya 1 tiket ditanggung Dinsos, sedangkan 1 tiket lagi ditanggung pihak Dinkes,” ujarnya.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan Pak Sekda Kota Tual, sehingga apabila dokumennya sudah siap, kami akan masukan ke bagian keuangan. Dan kita tunggu saja,” tutup Latar. (gerryngamel/labesremetwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Pengukuhan Rat Merohoinean Berlangsung “Maryadat”

Sebelum prosesi pengukuhan, tetua adat melakukan ritual pembersihan dan penyucian dalam tiga ritual berbeda.

Tahun 2021, Warga Ohoi Wermaf Miliki Rumah Layak Huni

Pemerintah Ohoi (Desa) Wermaf tidak tanggung-tanggung mengalokasikan anggaran jumbo untuk rehab rumah warga. Elat,...

Tinjau Tes CPNS, Bupati Malra: Cerdas Tapi Harus Teliti

“Cerdas tapi harus teliti dan kosentrasi dengan soal-soal yang ada. Sandarkanlah diri pada Tuhan,” ujar Bupati Malra M. Thaher Hanubun.

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi !!