Stok Beras Tersedia, Kadisperindag Minta Warga Tak Panic Buying

Hingga saat ini belum ada laporan tentang pemborongan kebutuhan pokok karena virus korona.


Tual, suaradamai.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual memastikan pasokan kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) tersedia bagi warga. Khususnya stok beras, dipastikan tetap tersedia melayani kebutuhan masyarakat di Kota Tual bahkan Kabupaten Maluku Tenggara.

“Untuk beras kita bisa dalam keadaan stabil baik stok maupun harga karena pasokan beras kita dari berbagai pemasok. Dari pihak Bulog juga stok masih ada di gudang masing-masing. Direncanakan ada pengadaan sekitar 1.000 ton yang akan dimuat masuk ke Kota Tual dan Maluku Tenggara,”  ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual Darnawati Amir ketika dihubungi melalui telepon seluler belum lama ini.

Kepastian stok beras itu, menyusul akan ada panen raya beras di Sulawesi Selatan, sehingga pasokan beras yang berasal dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan tetap memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tual.

Amir mengaku, sejak mewabah virus corona, belum ditemukan adanya laporan atau temuan terkait penimbunan kebutuhan pokok oleh para pedagang.

“Kami juga belum menemukan ada laporan terkait dengan pemborongan kebutuhan pokok karena persoalan virus korona. Jadi semua masih dalam kondisi stabil,” akuinya.

Amir berharap agar masyarakat tidak perlu panik untuk membeli kebutuhan berlebihan (panic buying). Soal stok sabun cuci tangan, alkohol dan masker yang kini menjadi incaran masyarakat, Amir menyebutkan, stok bahan tersebut kosong.

“Sejak munculnya virus korona memang hand sanitizer, bayclyn atau pemutih dan sabun cair dan lain-lain termasuk masker saat ini stoknya lagi kosong. Kalau ada paling satu dua karton, alkohol pun sekarang sangat susah diperoleh di Kota Tual,” sebutnya.

Reporter: Daniel Mituduan/ Penulis: Daniel Mituduan/ Editor: Tarsis Sarkol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU