Tahun Ini, Kementerian PUPR Bangun Ruas Jalan Fako-Hollat

Ruas jalan Fako-Hollat yang akan dibangun sepanjang 19 km. Kementerian PUPR sementara melakukan survei.


Langgur, suaradamai.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun jalan di Kei Besar dalam tahun ini. Pembangunan yang dimaksud adalah untuk ruas jalan dari Ohoi Fako di Kecamatan Kei Besar hingga ke Ohoi Hollat di Kecamatan Kei Besar Utara Timur.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Binamarga Thomas Setiabudi Aden mengatakan, pihaknya sementara melakukan survei untuk peningkatan jalan hotmix sepanjang 19 km itu.

“Ini kita masih proses, survei, kita finalisasi desain. Mungkin kuartal ketiga (Juli-September) tahun 2022,” kata Thomas menjelaskan waktu pelaksanaan pekerjaan jalan tersebut, kepada wartawan usai pertemuan dengan Bupati Malra M. Thaher Hanubun di ruang kerja Bupati, Kamis (20/1/2022).

Menurut Thomas, keberadaan tim monitoring di Malra merupakan tindaklanjut arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan pembangunan di Kepulauan Kei, baik di Kei Kecil maupun Kei Besar.

Ia berharap, bisa menambah proyek-proyek pembangunan di Pulau Kei Besar, agar meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan antara Kei Kecil dan Kei Besar.

“Kalau akses terbuka, maka yang lain bisa lebih meningkat, pergerakan baik di bidang pertanian, perikanan, maupun kesehatan dan pendidikan,” kata Thomas.

Terkait jalan Trans Kei Besar yang masuk dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, Thomas mengatakan, pihaknya akan berupaya menyelesaikan jalan tersebut pada tahun 2023.

“Kita coba menyelesaikan yang lintas timur, yang barat akan ditangani Pak Bupati. Saya akan meminta Balai untuk melakukan survei untuk akses jalan timur ke barat. Mudah-mudahan kita bisa wujudkan di tahun 2023,” jelas Thomas.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU