TGPP Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Maluku

“Semua pihak ini, telah menyatakan kesiapan untuk masuk di pasar tingkat nasional, dengan memunculkan binaan UMKM sesuai kredibilitas dan desain prodak,” jelas Hadi.


Ambon, suaradamai.com – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) menggelar Maluku Baileo Exhibiton sebagai percepatan pembangunan ekonomi, akibat terdampak Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini merupakan inovasi atas inisiasi bersama Pemprov Maluku dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perbankan, dalam mengembangkan pasar khususnya produk Maluku, baik itu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perikanan dan sektor potensial lainnya untuk diangkat di tingkat nasional.

Ketua TGPP Maluku, Hadi Basalama kepada wartawan di Ambon, Jumat (12/11/2021) menyampaikan kegiatan ini akan diisi track, investment dan tourism.

“Kesiapan kegiatan ini sudah dibahas dalam rapat untuk menindaklanjuti hasil rapat sebelumnya terkait penajaman program dan kegiatan UMKM pada 10 November lalu,” ujarnya.

Hadi menjelaskan tindaklanjuti Maluku Baileo Exhibiton yakni telah ditetapkannya tiga provinsi sebagai tujuan utama, salah satunya Sulawsi Selatan, mengingat ada kerjasama yang dibangun berkaitan pengembangan potensi di masing-masing daerah.

Dari rencana dimaksud, akan melibatkan sejumlah pihak antaranya, Bank Maluku Malut, Bank Mandiri, BRI, BNI, Pertamina, Telkom, OJK, UMKM dan Koperasi.

“Semua pihak ini, telah menyatakan kesiapan untuk masuk di pasar tingkat nasional, dengan memunculkan binaan UMKM sesuai kredibilitas dan desain prodak,” jelas Hadi.

Ia mengaku, dalam rapat yang digelar semua pihak juga telah menyampaikan dukungannya.

“Bagaimana kita menjadi satu. Ini harapan besar Gubernur yang selalu mengatakan, pemerintahan yang bagus harus bekerjasama, berkolaborasi, sehingga hari ini kita wujudkan,”sambung Hadi.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Area Head Bank Mandiri  Maluku dan Maluku Utara Prayudi Wahyu juga menyampaikan pihaknya siap support menurunkan produk-produk unggulan UMKM yang ada di Bank Mandiri.

“Kami siap mempromosikan program ini dari UMKM binaan kita, tentang salah satu pariwisata di Maluku kepada seluruh Indonesia melalui yayasan induk Bank Mandiri kami,”pungkas Wahyu.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU