Tingkatkan Kemampuan SAR, Personil Batalyon A Pelopor Laksanakan Latihan SAR Air

AMBON- Personil batalyon A Pelopor satuan Brimob polda Maluku melaksanakan kegiatan latihan SAR Air, bertempat di perairan teluk Ambon, Senin ( 27/07/2020 )

Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/Penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan dilapangan.

Kegiatan di awali dengan pemberian materi yang di bawakan oleh Bripka Ibrahim Sakaro dan tim, meliputi teknik pertolongan korban di air, bantuan hidup dasar ( BHD), Resusitasi Jantung Paru (RJP), Defense and Release ( teknik bertahan dan melepaskan diri dari korban) serta materi teknik pengoperasian perahu karet.

Setelah selesai pemberian materi di lanjutkan praktek di laut dengan menggunakan perahu karet di lengkapi dengan jaket pelampung ( life jaket).

Wadanyon A Pelopor AKP Ahmad Hi. Saleh ketika di temui tim PID mengatakan “latihan SAR Air ini membutuhkan kesiapan fisik yang prima dan dilandasi dengan profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan sehingga pelaksanaan latihan dapat dicapai dengan maksimal”

“Sasaran latihan ini adalah untuk menjaga ketahanan personil dalam evakuasi korban tenggelam serta untuk sarana mendidik, melatih personil agar paham akan tugas pokok masing-masing dan lebih profesional,” tutur AKP Ahmad.

“Latihan ini mengajarkan teknik evakuasi dan penyelamatan korban di laut maupun di perairan air tawar yang berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban,” tambahnya.

Dansat Brimob Polda Maluku KBP. Guntur, S.I.K., M.H., mengatakan latihan kemampuan SAR Air sangat di butuhkan oleh personil, karena kita tahu 92 % wilayah propinsi Maluku terdiri atas lautan”

Banyak aktivitas masyarakat di laut, dan rawan terjadi kecelakaan akibat cuaca buruk, serta faktor lainnya, sektor kelautan merupakan nadi perekonomian masyarakat Maluku, selain di bidang pertanian” tutur Dansat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU