Tingkatkan Produktivitas, Distan Tual Akan Lakukan Inseminasi Buatan

Peternak lokal baru penuhi 30 persen kebutuhan daging dan telur di Tual.


Tual, suaradamai.com – Dinas Pertanian Kota Tual akan melakukan inseminasi buatan untuk meningkatkan produksi daging. Pasalnya, hingga saat ini, peternak lokal di Kota Tual baru menyediakan 30 persen kebutuhan daging dan telur di pasar. Hal ini karena populasi ternak masih sedikit.

Dilansir Aladokter, Inseminasi buatan adalah salah satu prosedur medis untuk mengatasi masalah kesuburan (infertilitas). Inseminasi buatan bertujuan untuk meningkatkan jumlah sperma yang dapat mencapai saluran indung telur (tuba falopi), sehingga terjadi pembuahan dan kehamilan.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Tual Dominggus Kastanya mengatakan, tahun ini pihaknya mendapat bantuan 100 aseptor, bantuan Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

“Ini adalah bibit unggul yang akan kami tanamkan pada ternak betina agar bisa menghasilkan ternak dengan kualitas lebih unggul,” jelas Onggo, sapaan Dominggus, kepada wartawan di Tual belum lama ini.

Meskipun baru kali pertama Dinas Pertanian Tual mempraktekan inseminasi buatan, Onggo optimis cara ini mampu meningkatkan produktivitas ternak yang unggul.

“Untuk Distan Tual sendiri, kami sudah memiliki dokter hewan dan inseminator yang kompeten di bidangnya. Mereka inilah ujung tombak kami menjalankan program ini,” jelas Onggo.

Onggo harap program ini berjalan lancar dan terus berkembang agar dapat memenuhi permintaan pasar atas daging, serta menambah populasi ternak dengan cara lebih efisien.

Editor: Labes Remetwa


Dinas Pertanian Tual baru pernah mempraktekan inseminasi buatan tahun ini.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU