Tutup Masa Sidang III, Sekwan Laporkan Capaian Kinerja DPRD Malra

Capaian kinerja DPRD mencakup tri fungsi kedewanan, yakni legislasi, pengawasan, dan anggaran.


Langgur, suaradamai.com – Agenda masa sidang III tahun 2021, walau dalam situasi pandemi Covid 19, namun tidak mengurangi kinerja lembaga DPRD Maluku Tenggara (Malra) dalam menjalankan tri fungsi kedewanan seperti legislasi, pengawasan, dan anggaran.

Capaian lembaga Legislatif itu dilaporkan oleh Sekertaris Dewan (Sekwan) Andreas Savsavubun dalam rapat paripurna tutup masa sidang III tahun 2021 dan buka masa sidang I tahun 2022, di ruang sidang utama, Rabu (11/1/2022).

Masa sidang III tahun 2021 dimulai sejak 1 September sampai 31 Desember 2021, dimana DPRD menjalankan kerja-kerja DPRD yang diatur dalam pasal 120, ayat 3, peraturan DPRD nomor 1 tahun 2019 sebagaimana telah diubah dengan peraturan DPRD nomor 1 tentang tata tertib DPRD nomor 1 tahun 2019.

Pada tri fungsi DPRD yang pertama mengenai Legislasi, terdapat agenda penyampaian tiga buah Ranperda inisiatif kepada Bapemperda untuk dilakukan harmonisasi. Tiga buah buah Ranpererda tersebut disampaikan dalam Propemperda.

Selain itu, pada pelaksanaan fungsi anggaran yang diatur dalam pasal 18 sampai 30, tata tertib DPRD yang diagendakan dalam masa sidang III tahun 2021, yakni pembahasan dan penetapan KUA PPAS tahun 2022, pembahasan dan penetapan ranperda APBD tahun 2022, pembahasan dan penetapan KUA PPAS perubahan APBD tahun 2021, pembahasan dan penetapan ranperda APBD tahun 2021, pembahasan dan penetapan hasil evaluasi pertanggungjawaban APBD.

Sedangkan tri fungsi DPRD yang ketiga tentang pengawasan diatur dalam pasal 122 ayat 5, tata tertib DPRD yang diagendakan dalam masa sidang III, yakni rapat dengar pendapat (RDP) Komisi I dan OPD mitra sebanyak lima kali, sedangkan untuk komisi II melakukan rapat dengar pendapat sebanyak empat kali, dan untuk Komisi III melakukan rapat dengar pendapat sebanyak enam kali bersama OPD mitra.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU