Update Covid-19 Malra: Bupati Harap Ohoi Sediakan Tempat Karantina

Pengawasan terhadap pelaku perjalanan akan sulit dilakukan apabila masih ada yang melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengunjungi beberapa posko karantina mandiri antara lain: Posko Rewav, Danar, Somlain, Wab, Ohoidertutu, Watngil dan Ohoibadar pada Sabtu (4/4/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati beserta Ketua dan Sekretaris Gugus Tugas memberikan arahan dan edukasi kepada Camat Kei Kecil Timur Selatan, Kei Kecil Barat, dan Hoat Sorbay bersama kepala ohoi, perangkat desa dan masyarakat. Serta memberikan bantuan kepada posko karantina mandiri berupa sembako, minuman ringan, serta perlengkapan mandi dan cuci.

Bupati harap, pelaku perjalanan di Ohoi Danar Ternate, Danar Sare, Somlain dan Ohoidertutu yang melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing, agar dapat melakukan karantina di satu tempat, sehingga memudahkan pengawasan, baik dari instansi kesehatan maupun pemerintahan ohoi setempat.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Malra Mochtar Ingratubun dalam rilis yang diterima media ini, Minggu (5/4/2020), menyampaikan bahwa ada tujuh pelaku perjalanan dari 458 yang tiba dengan KM. Nggapulu (31/3/2020), melaksanakan karantina di Hotel Langgur. Lainnya di rumah keluarga masing-masing, ohoi, dan atau kecamatan, serta dilakukan pengawasan oleh pihak Puskesmas dan Camat setempat di bawah pengawasan tim satgas.

“Diharapkan kesadaran diri pelaku perjalanan untuk mematuhi SOP isolasi/karantina mandiri dan diimbau untuk semua masyarakat melakukan pemantauan terhadap pelaku perjalanan, sehingga benar-benar melakukan physical distancing, tetap tinggal dalam rumah, jaga jarak dan tidak bersentuhan fisik serta berperilaku hidup bersih,” ujar Mochtar.

Mochtar juga melaporkan bahwa pada Sabtu (4/4/2020), dilakukan pemeriksaan rutin bagi penumpang Maskapai Penerbangan Wings Air pada Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur. Penumpang yang diperiksa berjumlah 55 orang. Pemeriksaan juga dilakukan di Pelabuhan Motor Watdek sebanyak 56 penumpang. Pemeriksaan rutin juga dilakukan pada posko karantina mandiri yaitu, Hotel Langgur, Ohoi Sathean, Ibra, Wain Raja, Watngon, Rewav, Elaar Let, Watngil, Wab dan Ohoibadar. Hasil pemeriksaan negatif tidak ditemukan gejala penderita covid-19 – semuanya sehat.

Mochtar menambahkan, per Sabtu (4/4/2020) pukul 11.00 WIT, di Kabupaten Maluku terdapat dua Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

ODP 01 adalah perempuan, 38 tahun, beralamat di Watdek. Telah dilakukan pemeriksaan ulang pada 26 Maret 2020 dan hasilnya membaik. Saat ini sementara rawat jalan. Riwayat perjalanan dari luar negeri (Abu Dhabi). ODP 01 ditetapkan pada 23 Maret 2020.

ODP 02 adalah laki-laki, 51 Tahun, beralamat di Wearsten. Telah dilakukan pemeriksaan ulang tanggal 27 Maret 2020 dan hasilnya membaik. ODP 02 juga sudah keluar dari RSUD Karel Sadsuitubun Langgur dan saat ini sementara rawat jalan. Riwayat perjalanannya dari luar daerah (Jawa – Bali). ODP 02 ditetapkan pada 25 Maret 2020.

PDP 01 adalah seorang perempuan berusia 27 tahun yang tinggal di Langgur. Diketahui, PDP 01 kontak erat dengan keluarga yang baru tiba dari Bandung tanggal 16 Maret 2020. PDP 01 ditetapkan pada tanggal 29 Maret 2020.

Kedua ODP dan satu PDP tetap dilakukan pemantauan selama 14 hari untuk dilakukan pemeriksaan ulang. Ketiganya juga akan menjalani tes RDT terakhir pada Rabu (8/4/2020).

Sementara itu, juga telah dilakukan pemeriksaan dengan RDT terhadap sembilan orang yang merupakan pasien yang telah dirawat berdasarkan kontak erat dengan ODP dan PDP. Hasil pemeriksaan negatif.

Reporter: Robert Remetwa/ Penulis: Labes Remetwa/ Editor: Labes Remetwa


Jumlah ODP dan PDP di Malra masih sama sejak 29 Maret 2020.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU