Update Covid-19 Malra: Tim Gustu Salurkan Masker dan Sembako

0
896
Juru Bicara Covid-19 Malra dr. Ketty Notanubun menyampaikan laporan perkembangan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Media Center Kantor Bupati, Senin (20/4/2020). Foto/Ketty Remetwa

Tim Gustu mengagendakan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan di Pulau Kei Besar.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Dandim 1503 dan Kapolres Malra membagikan masker dan sembako di Pangkalan Ojek Pelabuhan Motor Watdek, Lampu Merah, dan Pokarina, Mingu (19/4/2020).

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mencegah pesebaran covid-19 sekaligus membantu masyarakat yang terdampak.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Ohoi/Desa Dian Pulau, Tetoat, Wirin, Ohoibadar, Wab, Watngil, Ohoira, Ohoiren, Somlain, Madwear, dan Ohoidertutu.

Tim telah mengagendakan penyaluran masker dan penyemprotan disinfetan di Pulau Kei Besar pada Kamis (23/4/2020) mendatang. Diupayakan termasuk pembagian sembako.

Perlu diketahui bahwa, jumlah masker yang telah didistribusi sebanyak 13 ribu masker pada Sabtu (18/4/2020) dan  Minggu (19/4/2020). Sementara itu, penduduk Maluku Tenggara berjumlah 127 ribu jiwa.

“Pemda berencana agar setiap orang mendapatkan dua masker, itu berarti jumlah masker yang dipesan adalah sebanyak 254  ribu masker untuk Maluku Tenggara,” papar Juru Bicara Covid-19 Malra dr. Ketty Notanubun, di Media Center Kantor Bupati, Senin (20/4/2020).

Bupati Malra selaku Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malra, Muhammad Thaher Hanubun, berharap masyarakat memanfaatkan masker dengan baik, tidak membuang atau menghilangkan masker karena dapat dicuci ulang dan digunakan berkali-kali.

Sebagai informasi, pemeriksaan rutin terhadap penumpang Maskapai Penerbangan Wings Air di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur sebanyak 50 pelaku perjalanan, khusus Maluku Tenggara  23 orang. Hasil pemeriksaan negatif dan semuanya dikarantina di SMP Alhilal.

Selanjutnya pemeriksaan rutin juga dilakukan pada posko karantina yaitu, Hotel Langgur, Hotel Suita, SMP Unggulan, SMK Pelayaran, SMP Alhilal, SMEA, SMA Alhilal, Ohoi Sathean, Ibra, Wain Raja, Mastur Lama, Watngon, Elaar Let, Wab, Debut,  Rumadian, Dian Darat, Dian Pulau, Tetoat, Ngursit, Wirin, Madwat, Ohoibadar, Warwut, Evu, Letvuan dan Elat, Faa,dan Warbal. Hasil pemeriksaan negatif.

Sampai dengan dirilis laporan Senin (20/4/2020) pukul 11.00 WIT, di Kabupaten Maluku Tenggara terdapat satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau PDP 02. PDP 02 ini berjenis kelamin perempuan umur 47 Tahun,  berasal dari Kecamatan Hoat Sorbay. Saat ini PDP 02 sedang dirawat di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur. PDP 02 ditetapkan pada tanggal 11 April 2020.

Telah dilakukan pemeriksaan RDT tahap kedua bagi PDP 02 dan hasilnya negatif. PDP 02 tersebut tetap dilakukan pemantauan selama 14 Hari untuk dilakukan pemeriksaan ulang.

Editor: Labes Remetwa


Sambil menyalurkan masker dan sembako, serta penyemprotan disinfektan, Tim Gustu terus melakukan pemeriksaan secara rutin di posko karantina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here