Viral! Mainan Tradisional “Nok-nok” Warnai Libur Akhir Tahun 2022

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tidak hanya itu, mainan yang penyebutannya berbeda di masing-masing daerah ini bahkan laris manis di tempat-tempat wisata dan area rekreasi keluarga.


Solo, Suaradamai.com – Liburan akhir tahun ini dimeriahkan mainan anak murah meriah, yakni nok-nok atau lato-lato. Mainan berbentuk dua buah bola padat berwarna, berukuran kecil yang memiliki tali penghubung di atasnya ini seolah menghipnotis para bocah di masa-masa liburan kali ini.

Bunyi mainan tradisional ini terdengar saban hari di rumah-rumah, jalanan, dimana tempat berkumpulnya anak-anak.

Tidak hanya itu, mainan yang penyebutannya berbeda di masing-masing daerah ini bahkan laris manis di tempat-tempat wisata dan area rekreasi keluarga.

Sebut saja saat berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta, bunyi nok-nok menggema di kawasan wisata tersebut.

Di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), mainan ini ramai disebut ‘nok-nok’, di beberapa daerah lain menyebut ‘tok-tak’ yang merujuk pada nama yang dihasilkan.

Ada juga yang menyebutnya ‘tek-tek’. Di Ambon, Maluku disebut ‘tok-tok’, serta orang Palu, Sulawesi Tengah menyebut mainan itu dengan lato-lato.

Di Solo, nok-nok dijual dengan harga Rp7.000 hingga Rp10.000. Nok-nok dapat ditemukan di pasar tradisional, supermarket, hingga dijual pedagang asongan.

“Laris manis nok-nok ini, diserbu terus, Alhamdulillah,” ujar Fauzan (40), penjual nok-nok keliling saat ditemui di kawasan Madegondo, Grogol, Sukoharjo, Jateng, Sabtu 31 Desember 2022.

Fauzan mengatakan, dia tidak menyangka mainan tradisional itu sangat laris diburu anak-anak. Dia bersyukur bisa menambah pundi-pundi rupiah di akhir tahun ini.

Dito (11) yang ditemui sedang bermain nok-nok mengatakan, karena ramai dimainkan teman-teman maka dia pun jadi tertarik untuk membelinya.

“Yah walau aku belum pro, tapi tak cobain wae. Kadang kepukul di tangan sakit, tapi asik sih,” kaya Dito sambil tertawa singkat.

Nok-nok tidak hanya digemari anak-anak aja, tapi orang dewasa pun turut memainkan mainan tersebut.

Bahkan diketahui beberapa waktu lalu, ramai di media sosial Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turut memainkan mainan tersebut di sela-sela kunjungan kerja.

Nok-nok juga viral di media sosial. Bagi mereka yang berhasil membunyikan nok-nok dengan waktu yang lama dapat membawa kesenangan tersendiri.

Nok-nok bahkan viral di media sosial. Di TikTok, warganet membagikan berbagai momen saat anak-anak maupun orang dewasa memainkannya.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU