Wabup Malra Dorong Lulusan Polikant Ciptakan Lapangan Kerja

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bagi Wabup, potensi eksplorasi dan eksploitasi di sektor kelautan dan perikanan sangat menjanjikan.


Langgur, suaradamai.com – Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) Petrus Beruatwarin mendorong lulusan Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) untuk menjadi wirausaha, menciptakan lapangan kerja di sektor kelautan, perikanan, dan pariwisata.

Hal tersebut ia sampaikan dalam sambutannya pada acara wisuda ahli madya perikanan dan sarjana terapan Polikant, di Gedung Serbaguna Larvul Ngabal, Rabu (7/12/2022).

Menurut mantan Direktur Polikant itu, potensi kelautan, perikanan, serta pariwisata sebagai sektor unggulan mampu menunjang pembangunan daerah.

Ia menjelaskan, Provinsi Maluku merupakan salah satu dari tujuh Provinsi Kepulauan di Indonesia. Maluku dengan luas keseluruhan daratan dan lautan adalah 712.480 km², terdiri dari luas perairan mencapai 658.295 km² (92,4%) dan luas daratan hanya sebesar 54.185 km²  (7,6%).

“Hal ini berarti potensi eksplorasi dan eksploitasi di sektor kelautan dan perikanan sangat menjanjikan,” ungkap Wabup.

Bagi Wabup, butuh sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam rangka pemanfaatan potensi tersebut. Kehadiran Polikant dan lulusan-lulusannya yang profesional bisa menjadi jawaban atas hal itu.

“Gelar Diploma yang Anda sandang sejak hari ini, membawa tanggung jawab yang besar untuk pribadi Anda, untuk keluarga, untuk almamater, untuk lingkungan Anda, untuk daerah tercinta, dan untuk bangsa dan Negara,” ujar Wabup kepada para wisudawan/i.

“Gelar ini, menempatkan Anda pada posisi sebagai panutan bagi masyarakat. Tunjukan, bahwa anda adalah manusia terdidik. Tunjukan intelektualitas Anda. Ciptakanlah pekerjaan. Jadilah wirausahawan seturut keahlian anda,” pungkas Wabup.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU