Wali Kota dan Wawali Tual Berdialog dengan Masyarakat Fanil terkait Permasalahan Lahan

Dialog terkait masalah lahan untuk pembangunan perumahan. Kota Tual mendapat tiga jenis bantuan perumahan dari pusat.


Tual, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan bersama Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge dan beberapa pimpinan OPD berdialog dengan masyarakat Fanil, Desa Ngadi, Kecamatan Dullah Utara, Selasa (27/10/2020).

Dialog tersebut dalam rangka mencari jalan keluar terkait pengurusan tanah yang akan digunakan untuk pembangunan perumahan, antara lain rumah cagar budaya sebanyak 25 unit, rumah bagi masyarakat berpendapatan rendah (MBR) sebanyak 30 unit, dan rumah susun (rusun) 4 lantai. Ketiga bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Untuk diketahui, tahap 1 rumah cagar budaya sebanyak 12 unit rumah telah dibangun. Selanjutnya pada tahun 2021 atau tahap 2, akan dibangun 13 unit lagi. Sementara pembangunan rumah bagi MBR dan rusun belum dapat dilaksanakan karena Pemkot Tual ingin memastikan lahan yang digunakan tidak bermasalah.

Dalam dialog itu, ada 3 tokoh masyarakat dan pemuda angkat bicara. Mereka menjelaskan bahwa saat ini sementara melakukan persiapan sesuai prosedur, termasuk akan bertemu pihak keluarga yang belum sempat ditemui. Adapun penyampaian terkait ukuran lahan yakni 100 m x 200 m yang telah diproses, sedangkan lahan yang lain membutuhkan waktu untuk diurus. Mereka juga meminta pemerintah untuk mengurus masalah air, alat bajak dan bantuan transportasi.

Masukan tersebut disambut oleh Wali Kota Tual. Wali Kota mengaku akan menindaklanjuti agar permasalahan tersebut dapat diatasi secepatnya.

“Masalah bangunan itu belum, tapi yang pertama sekali itu pasti tanah (lahan) dan pusat juga sudah sering mendapat masalah soal itu. Jadi saya harap ini dapat segera diproses demi katong semua,” ujar Adam.

Adam mengatakan, warga yang akan menghuni perumahan tersebut adalah mereka yang mendapat SK dari Pemerintah Kota Tual. Untuk itu, Adam meminta agar proses pendataan dan pembahasan lahan dapat segera ditangani, agar pembangunan secepatnya dilaksanakan.

Editor: Labes Remetwa


Kota Tual mendapat tiga jenis bantuan perumahan dari pemerintah pusat, antara lain rumah cagar budaya, rumah bagi MBR, dan Rusun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi !!
× Ada yang bisa dibantu?