Senin, Januari 18, 2021

Wali Kota Tual: Pemda Tak Bisa Berbuat Lebih Tanpa DPRD

Untuk melayani kepentingan masyarakat, pikiran cerdas dan daya inovasi yang berdaya saing saja tidak akan cukup. Dibutuhkan pula kemitraan yang harmonis antara DPRD dan kepala daerah beserta perangkatnya.

Tual, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan menyatakan, tanpa adanya keberpihakan pimpinan DPRD dan kelengkapannya, pemerintah daerah tidak dapat berbuat lebih untuk mewujudkan kepentingan rakyat. Ia mengingatkan, DPRD merupakan lembaga demokratis, representatif, dan legislatif yang berhak memberikan persetujuan terhadap berbagai rencana program dan kegiatan pemerintah daerah yang beriorientasi kepada kepentingan rakyat.

“Tanpa pimpinan DPRD dan kelengkapannya, maka segala sesuatu yang hendak dilakukan pemerintah daerah mengalami stagnasi,” ungkap Rahayaan dalam sambutannya pada Rapat Paripurna DPRD Kota Tual Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kota Tual 2019-2024 yang berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Tual, Kamis (28/11/2019).

Ia mengatakan, dalam masa periodisasi legislatif yang telah dilalui bersama sebelumnya, ada berbagai keberhasilan yang diraih. Namun di samping itu, ia mengakui masih ada sejumlah permasalahan yang ditemui selama pengabdian dan dharma bhakti kepada rakyat Kota Tual. Menurutnya,berbagai permasalahan dan keberhasilan yang telah ditemui merupakan suatu pembelajaran yang dapat mendorong pemerintah daerah bersama DPRD untuk lebih matang dalam mewujudkan kepentingan rakyat.

“Keberhasilan yang telah diraih itu, akan terus kita tingkatkan melalui pikiran cemerlang dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dinamika perkembangan lokal yang berdaya saing,” katanya.

Meskipun demikian, orang nomor satu di Bumi Maren ini menjelaskan, pikiran cerdas dan daya inovasi yang berdaya saing saja tidak akan cukup menjadi prasayarat dalam menanggapi tuntutan kondisi dinamika masyarakat. Menurutnya, sangat diperlukan kemitraan harmonis antara DPRD dan kepala daerah beserta perangkatnya. Oleh karena itu, Wali Kota Tual meminta dukungan dari segenap anggota dewan untuk senantiasa merespon berbagai tuntutan pelaksanaan mekanisme pemerintahan dalam rangka kelancaran pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Sangat diharapkan agar kemitraan DPRD dan pemerintah daerah mampu mendorong kinerja yang optimal dalam menjalankan tugas dan fungsi lembaga DPRD dengan sebaik-baiknya,” pintanya.

Di sisi lain, Sang Wali Kota menginginkan agar jajaran perangkat pemerintah daerah setempat hendaknya juga dapat bertindak lebih cepat, tanggap dan mampu membina kerja sama yang baik serta bersinergi dengan segenap pimpinan dan anggota DPRD.

“Dalam membangun relasi kemitraan ini, baik pemerintah daerah maupun pihak legislatif harus tetap berpedoman serta memperhatikan landasan norma standar dan prosedur, sebagaimana prinsip rule of law,” tukasnya. (gerryngamel/NR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?