Wattimena Tinjau Bekas Hunian Warga di Eks Pasar Gambus

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ambon, suaradamai.com – Pj. Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena bersama pimpinan OPD terkait, meninjau lokasi pembersihan bekas hunian warga di Eks-Pasar Gambus, yang telah dikosongkan secara sukarela pada 1 Mei lalu. Peninjauan itu dilakukan pada Rabu (15/5/2024).

Wattimena menyatakan, keluarnya warga dari hunian di lahan Eks-Pasar Gambus secara sukarela ini menunjukkan harapan besar untuk membangun kota ini dengan pendekatan humanis.

“Ini sebenarnya harapan besar kita untuk bangun kota ini, dengan tidak membedakan pemerintah dan masyarakat tetapi dicari jalan keluar yang terbaik, itu yang digunakan,” terangnya.

Ia menjelaskan, proses pengosongan lahan Eks- pasar Gambus dilakukan sejak tahun lalu. Nahas, musibah kebakaran menimpa daerah tersebut, sehingga warga masih diizinkan membangun hunian sementara dan tetap mendiami lahan tersebut hingga selesai Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 lalu.

“Pasca lebaran kami minta keluar dengan sukarela, baru Pemkot ambil alih bongkar seluruh bangunan di pasar Gambus. Ini hal luar biasa, dimana kita bongkar pasar lama tanpa perlawanan, warga di lahan Ex- pasar gambus juga mereka keluar dengan sukarela,” ungkap Wattimena.

“Setelah dibersihkan kita jadikan tempat parkir mobil truk yang saat ini masih parkir di PT. Pelindo dan nanti di belakang kita buat lapak yang bagus sehingga warga dapat berjualan kuliner. Ini acara pemerintah untuk menyelesaikan persoalan yang sudah cukup lama,” lanjut dia.

Wattimena berharap dengan pendekatan yang dilakukan tersebut menjadi modal pemerintah melakukan berbagai hal di kota ini, tanpa ada perlawanan, tanpa demo dan tanpa sakit hati yang dirasakan masyarakat.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU