Wawali Bagikan Sembako ke Lima Desa Terdampak Covid-19 di Kecamatan Kur

Bantuan tunai dikonversikan menjadi sembako untuk memudahkan warga.


Tual, suaradamai.com – Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge didampingi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tual dan Forkopimda membagikan sembilan bahan pokok (Sembako) kepada warga terdampak di lima Desa di Kecamatan Kur, Kota Tual, Selasa (12/5/2020).

Menumpangi KMP. Erana Surabaya rombongan bertolak dari pelabuhan Fery Tual menuju Pelabuhan Kur. Meskipun kondisi laut kurang bersahabat, rombongan tiba dengan selamat setelah menempuh enam jam perjalanan.

TNI-Polri serta warga yang telah menunggu membantu tim menurunkan muatan maupun para penumpang. Pembongkaran dan pembagian sembako pun dilangsungkan oleh tim dengan mendata jumlah sembako untuk kemudian dibagikan ke Desa Finualen, Kaimear, Lokwirin, Sermaf dan Tubyal.

Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge yang hadir langsung dalam menyerahkan bantuan tersebut, mengatakan bantuan non tunai yang diberikan merupakan bantuan murni dari Pemerintah Kota Tual yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

Wawali juga mengaku bantuan bahwa tersebut terpaksa diberikan dalam bentuk beberapa jenis sembako diantaranya satu karung beras mawar merah, satu karung tepung terigu merek kompas dan satu paket kopi, teh, gula dan beberapa botol minyak goreng.

“Mengingat harga kebutuhan pokok terkadang melonjak naik drastis meningkat terlebih pada tingkat pulau-pulau seperti Kecamatan Kur. Di samping itu hari raya Idul Fitri semakin dekat sehingga jika diperhitungkan bagi masyarakat yang ingin berbelanja ke pusat Kota Tual sudah barang tentu akan menelan banyak biaya perjalanan dan tranportasi,” jelas Wawali.

Wawali menambahkan, peran Pemerintah Daerah dalam memberikan kemudahan dengan cara mengganti uang tunai dengan sembako sehingga bantuan tersebut langsung diterima oleh masyarakat di rumah. Untuk diketahui nilai uang yang dikonversi ke sembako sebesar Rp 600.000 per kepala keluarga.

Lebih lanjut Wawali menyampaikan bahwa bantuan tersebut diberikan khusus bagi masyarakat yang kurang mampu dan terdampak covid-19, dan tidak melayani aparat dan pemerintahan desa maupun TNI-Polri.

Wawali berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu dan benar-benar membutuhkan.

Sebelum menyerahkan bantuan kepada pihak desa, masing-masing perangkat desa dan camat menandatangani berita acara, disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Tual. Kemudian camat melanjutkan kepada pihak desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala BKPSDM Kota Tual, Kepala Bappeda Kota Tual, Kepala Dinas Pariwisata, dan Direktur PDAM.

Editor: Labes Remetwa


Sembako berupa satu karung beras mawar merah, satu karung tepung terigu merek kompas dan satu paket kopi, teh, gula dan beberapa botol minyak goreng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU