Widya Tutup Mafera: Galesaka Grup Tantui Raih Juara

Event Maluku Festival Ramadan (Mafera) diharapkan dapat dikembangkan sebagai aset budaya khas Maluku.


Ambon, suaradamai.com – Ketua Lasqi Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad menutup Maluku Festival Ramadan (Mafera), Senin (25/4/2022).  Acara penutupan ditandai dengan pemukulan tifa bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Natanhiel Orno.

Acara penutupan dimeriahkan artis dangdut Evi Tamala, Kamelia Malik, Yati Octavia dan Dewi Silvia. Turut hadir Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Maluku Hadi Basalamah, anggota DPRD Maluku Ayu Hindun Hasanussi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku.

Sebelumnya, sebanyak 10 peserta tampil di final Mafera tadi malam. Masing-masing membawakan lagu wajib dan lagu pilihan.

Dari ke-10 finalis itu, Galesaka Grup Tantui (SS-25) keluar sebagai juara berdasarkan hasil penilaian 10 dewan juri. Disusul, Pemuda Soabali (SS-35) di urutan kedua dan Syaban Air Salobar (SS-50) di posisi ketiga.

Ketua Lasqi Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad merasa yakin bahwa event ini akan menjadi media menyalurkan bakat dan kreativitas, sekaligus wadah untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional bernuansa Islam di kalangan generasi muda.

Event ini diharapkan dapat dikembangkan sebagai aset budaya khas Maluku dan melahirkan penyanyi-penyanyi muda yang dapat mengharumkan nama Maluku di event nasional maupun internasional.

“Dalam setiap perlombaan atau pun pertandingan, pasti ada menang dan kalah. Untuk itu, bagi peserta yang berhasil meraih predikat juara, saya ucapkan selamat dan sukses. Sedangkan, bagi peserta yang belum berhasil jangan berkecil hati apalagi putus asa. Jadikanlah kegagalan ini sebagai kemenangan yang tertunda,” ujar Widya kepada para peserta.

Sebagai informasi, berikut daftar juara Mafera tahun 2022:

  1. Juara Favorit: Ligentas Grup Nania (SS-34), Harapan I: Al-Ikhsan Rupaitu Negeri Tulehu (SS-41), Harapan II: Nurul Awal Grup Negeri Wakal (SS-46), Harapan III: Almuhibbin dari Negeri Mamala (SS-15).
  2. Kategori penata musik terbaik adalah Kayu manis dari Negeri Seith (SS-13).
  3. Kategori busana terbaik yakni Damai Group Negeri Wakal (SS-39).
  4. Kategori Koreografi terbaik diraih Pemuda 551 Siri-Sori (SS-06).
  5. Juara kategori lagu terbaik adalah Haharike Negeri Larike (SS-19), Juara II: Attamari SBT (SS-48), Juara III: Hautuna Seith (SS-02).

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU