Berikan Kontribusi PAD untuk Pemda Malra, Bukti Wisata Ngurbloat Bangun Daerah

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat terima Smart Regristration untuk pelayanan masyarakat


Langgur, suaradamai.com – Pantai Ngurbloat yang berada di Ohoi Ngilngof  Kecamatan Kei Kecil, merupakan destinasti Wisata pertama di Kabupaten Maluku Tenggara yang memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PAD).

Saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (19/5/2021), Ketua Pengelola destinasti Wisata Pantai Ngurbloat Ronald Tethool menjelaskan, Pemerintah Ohoi Ngilngof sejak tahun 2020 telah menandatangani surat kerja sama (MoU) dengan pemerintah daerah untuk memberikan kontribusi yang bersumber dari biaya pengelolaan parkiran di lokasi wisata.

“Pada hari selasa kemarin, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Theresia Tamnge telah memberikan dua unit alat smart registration kepada pihak pengelola untuk digunakan melayani pengunjung,” ungkap dia.

Smart registration merupakan alat yang tergolong dalam jenis mesin kasir pintar berbasis android, yang digunakan untuk merekam atau memantau transaksi dari penggunanya atau wajib pajak, serta dapat mencetak setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna atau wajib pajak.

Dengan alat ini, lanjut Ronald, segala transaksi akan menjadi transparan dalam membantu pengelola untuk tidak perlu membuat karcis secara manual, dan juga mengetahui berapa besar potongan pajak karena langsung tertera pada karcis.

Pihak Pengelola Destinasti Wisata Ngurbloat saat ini sedang melakukan beberapa perubahan di lokasi wisata, untuk menarik pengunjung, diantaranya, menata pintu depan masuk wisata, membangun pos informasi yang berguna untuk mengawasi keamanan pengunjung, serta diupayakan tahun ini akan dibangun wahana bermain untuk anak-anak.

“Pintu depan kita sedang bangun untuk menarik pengunjung. Kesan pertama itu penting, kita sediakan toilet gratis, Wi-Fi, dan juga sedang berupaya membangun wahana untuk anak-anak. Kita tingkatkan keaman dan kenyaman pengunjung, serta tetap mengutamakan kebersihan,” jelas Ronald.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Malra Theresia Tamnge menjelaskan, sesuai MoU yang ditanda tangani, pemerintah desa memberikan 20% hasil pengelolaan parkiran kepada pemerintah sebagai PAD.

Dia mengakui wisata pantai Ngurbloat merupakan tempat wisata pertama yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara yang bekerja sama dengan pemerintah daerah dan mendapat dukungan penuh oleh masyarakat ohoi maupun para pedagang yang ada di lokasi wisata.

Dia optimis tindakan seperti ini mampu menjadi stimulan bagi lokasi wisata lainnya yang ada di Malra, untuk mengembangkan potensi wisata dan turut menyumbang PAD.

Diketahui, pihak pengelola Ngurbloat sudah tidak lagi mengenakan tarif karcis dengan hitungan per kepala tetapi per kendaraan.

Berikut penagihan karcis bagi pengunjung: sepeda Rp. 5.000, sepeda motor Rp. 15.000, kendaraan roda empat Rp. 25.000, dan kendaraan roda enam Rp. 35.000.

Editor: Petter Letsoin


Pemerintah Ohoi Ngilngof dan Pengelola Ngurbloat memberikan 20% hasil pengelolaan parkiran kepada pemerintah sebagai PAD.


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU