Diklat Integrasi TNI_Polri RI, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto Demi Kolaborasi dan Sinergitas Lapangan

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jakarta, Suaradamai.com – Pendidikan dan pelatihan (Diklat) integrasi siswa Dikmaba TNI AD dan siswa Diktukba Polri bertujuan memperkuat soliditas dan kolaborasi antara TNI dan Polri dalam rangka pelaksanaan tugas menjaga NKRI. Diklat integrasi ini diharapkan memperkuat kerja sama TNI dan Polri di lapangan.

Pembukaan Diklat integrasi TNI-Polri dilakukan serentak oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Pada upacara pembukaan itu, Heru Budi Hartono bertindak selaku inspektur upacara. Upacara berlangsung di Lapangan Chandradimuka Rindam Jaya, Jl. Raya Condet No. 55 Pasar Rebo, Jakarta Timur Senin (12/12/2022), yang dihadiri Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, PJ Gubernur DKI Jakarta, Rindam Jaya, Dandim dan Kapolres serta undangan.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan kolaborasi dan integrasi ini sangat bermanfaat dan strategis dalam mewujudkan sinergitas TNI dan Polri. TNI dan Polri harus ada bersama-sama, saling berkolaborasi dan berintegrasi serta berintegrasi. Pendidikan menjadi faktor penting dalam meningkatkan sumber daya prajurit TNI dan Polri agar lebih profesional.

Kolaborasi dan integrasi siswa Dikmaba TNI dan siswa Diktukba Polri merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama pimpinan TNI dan Polri.

“Selaku Komandan Diklat, saya menyampaikan selamat datang kepada seluruh Bintara siswa di setiap Kodam TNI AD. Kegiatan kolaborasi dan integrasi ini sangat bermanfaat dan strategis demi terwujudnya sinergitas TNI dan Polri ke depan. TNI dan Polri perlu selalu saling berkoordinasi dan bersinergi. Oleh karena itu, untuk mempererat rasa kebersamaan ini, akan dibentuk keluarga asuh, yang terdiri dari siswa Dikmaba TNI AD dan siswa Diktukba Polri. Melalui pembentukan keluarga asuh ini kita berharap dapat memberikan dampak positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri,” tutur Pangdam Jaya, yang sebelumnya meresmikan Masjid Attaqwa di kompleks Rindam Jaya.

Pangdam Jaya meminta kepada seluruh Bintara siswa agar dapat mengikuti kegiatan Diklat dengan rasa bangga, kebersamaan, dan semangat yang tinggi.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mengatakan, Diklat integrasi TNI-Polri merupakan kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang tertuang dalam naskah kerja sama pendidikan dan pelatihan integrasi di semua jenis jenjang pendidikan TNI dan Polri.

Sebelumnya, Diklat integrasi TNI-Polri ini hanya mencakup jenjang taruna militer TNI (AD, AU, AL) dan Kepolisian. Namun dengan adanya kebijakan baru dari Panglima TNI dan Kapolri, maka Diklat integrasi diperluas kepada semua tingkatan tamtama dan bintara di semua jenjang pendidikan.

Adapun materi Diklat integrasi TNI-Polri mencakup pengenalan fungsi Matra, operasi bersama TNI-Polri, perbantuan TNI-Polri, dan kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergitas dan soliditas melalui Diklat integritas ini.

Kegiatan ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan Diklat Integrasi TNI dan Polri dalam bentuk latihan kolaborasi peserta didik Dikmaba TNI (AD, AL, AU) dan peserta didik Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari, sejak 12-16 Desember 2022, di 13 satuan pendidikan Polri dan 11 satuan pendidikan TNI AD dan 1 satuan pendidikan TNI AL.

Total peserta 7.306 orang, yang terdiri dari 4.346 Polri pria dan 503 Polwan; TNI AD 1. 452 (pria) dan 170 Kowad; TNI AL 765 (pria) dan 50 Kowal, serta TNI AU 20 Wara.

Usai upacara para prajurit TNI memperlihatkan demo pertunjukan kemampuan taktis dalam bentuk aksi bela diri dan unjuk kekuatan fisik. Kekuatan fisik seorang TNI dan Polri menjadi faktor penunjang tugas di lapangan, dalam menghadapi ancaman tak terduga.

Kolaborasi dan sinergitas kerja dan tugas TNI dan Polri sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Soliditas TNI-Polri dan rakyat akan membuat Indonesia semakin kuat.

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU