Dinas Pariwisata Ajak Desa-Desa di Tual Contohi Desa Yamru

Desa Yamru kembali menggelar Festival Met Ev Tahayad ke-2.


Tual, suaradamai.com – Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun mengajak desa-desa di Bumi Maren agar mencontohi Desa Yamru.

Enggelina menilai, Desa Yamru berhasil menyelenggarakan event tingkat kabupaten/kota. Dengan Festival Met Ev Tahayad, Desa Yamru mencuri perhatian banyak wisatawan, lebih khusus wisatawan lokal.

Bagaimana tidak, tahun 2020 lalu, ribuan orang hadir pada event yang diselenggarakan di Pantai Kuber itu. Meski waktu itu hanya berlangsung satu hari, wisatawan terpesona dengan suguhan budaya, keindahan alam, dan sumber daya laut yang ditawarkan di Pantai Kuber.

Kali ini, Desa Yamru kembali menggelar Festival Met Ev Tahayad ke-2. Lama kegiatan juga bertambah, kini menjadi empat hari, 21-24 Oktober.

“Ada berbagai suguhan seni budaya seperti dabus, silat, musik gambus, dan tarian-tarian kolosal. Ada lomba, pameran,” kata Enggelina menyebut sejumlah atraksi yang akan ditampilkan.

Enggelina menilai, Desa Yamru layak menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kota Tual. Sebab Festival Met Ev Tahayad merupakan inisiatif Desa Yamru. Yamru berhasil menggelar event yang berkelanjutan dan semakin meriah.

Menurut Enggelina, sama halnya dengan Desa Yamru, desa-desa di Kota Tual memiliki potensi wisata yang luar biasa dan punya karateristik masing-masing.

“Dua tahun ini, Desa Yamru yang menggagas Met Ev Tahayad. Dan itu bagus. Saya harapkan, banyak desa seperti itu, sehingga kita punya banyak suguhan event,” ujar Enggelina. “Makin banyak desa yang membuat event, kita tinggal membingkai dalam satu event yang lebih besar,” pungkas dia.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU