Dinkop dan UMKM Tual Fokus Verifikasi dan Validasi Data Koperasi

Dinkop dan UMKM Tual fokus melakukan verifikasi dan validasi data koperasi dalam rangka mendukung program kerja prioritasnya pada tahun ini.


Tual, suaradamai.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Tual saat ini fokus melakukan verifikasi dan validasi data terhadap koperasi-koperasi yang ada di wilayahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Ridwan Fadirubun menjelaskan, hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung program kerja prioritas dinas tahun 2022, yakni website dinas koperasi, sistem data base berbasis website, dan incomer lokal.

“Program ini bisa jalan asalkan data base yang ada itu clear. Sejak tahun 2021, kita telah lakukan verifikasi dan validasi data untuk setiap koperasi yang tercatat, dan saat ini tersisa pendataan di Kecamatan Dullah Selatan,” jelas Ridwan saat diwawancarai di Lapangan Gotong Royong, Rabu (19/1/2022).

Ridwan menambahkan, jumlah koperasi yang tercatat sebanyak 354 koperasi. Verifikasi dan validasi, lanjut Ridwan, perlu dilakukan mengingat data koperasi yang ada juga merupakan bawaan dari Kabupaten Maluku Tenggara (sebelum pemekaran).

Ridwan juga menegaskan melalui proses verifikasi dan validasi, koperasi yang tidak lagi aktif akan diproses.

“Jika koperasi tidak lagi aktif, kita proses. Ataukah kita buat yang baru sehingga benar-benar bekerja. Koperasi yang baik, anggotanya haruslah ada pelaku UKM sehingga bisa berjalan dengan baik. Di kantor ada beberapa alat pertukangan yang akan kita upayakan kedepan dapat diberdayakan dengan baik,” pungkas Ridwan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU