Dua Orang ODP di Malra Makin Membaik

0
1758
Penyemprotan disinfektan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malra di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, Minggu (29/3/2020). Dok. Media Center Malra

Pemkab Malra telah melakukan penyemprotan disinfektan hingga menyiapkan tempat karantina.


Langgur, suaradamai.com ­– Perkembangan pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease atau Covid-19 di Maluku Tenggara makin efekftif. Hal ini terbukti dengan kondisi kesehatan dua orang yang berstatus ODP kian baik.

ODP 1 yang ditetapkan pada (23/3/2020) lalu, adalah seorang perempuan berusia 38 tahun, beralamat di Watdek, telah dilakukan pemeriksaan ulang dan hasilnya baik. Saat ini sedang rawat jalan. Riwayat perjalanan dari luar negeri, Abu Dhabi.

ODP 2, laki-laki, 51 tahun, beralamat di Wearsten, telah dilakukan pemeriksaan ulang dan hasilnnya membaik. ODP dua sudah keluar dari RSUD Karel Sadsuitubun Langgur. Saat ini juga sementara rawat jalan. Riwayat perjalanan dari luar daerah, Jawa dan Bali. ODP 2 ditetapkan pada (25/3/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malra Mochtar Ingratubun saat konferensi pers di Media Center, Kantor Bupati Malra, Mingu (29/3/2020), menyampaikan bahwa kedua ODP tetap dilakukan pemantauan selama 14 hari untuk dilakukan pemeriksaan ulang.

Adapun enam poin lain yang dilaporkan di antaranya:

  1. Sabtu, (28/3/2020), pukul 08.00 WIT, Bupati Maluku Tenggara bersama Wakil Wali Kota Tual, Dandim 1503 Tual, Kapolres Maluku Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan Malra, Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, meninjau Hotel Langgur sebagai posko karantina mandiri khusus bagi pelaku perjalanan. Mekanisme karantina akan diatur oleh tim medis gugus tugas.
  2. Sabtu, (28/3/2020) dilakukan rapat koordinasi pencegahan penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara bersama Pemerintah Kota Tual yang dipimpin langsung oleh Bupati Malra dan Wali Kota Tual. Kegiatan tersebut melibatkan Forkopimda Malra dan Tual, para staf ahli Bupati dan Wali Kota, para asisten Setda Malra dan Tual, PT. Pelni Cabang Tual-Malra, Kepala Bulog Malra, pemimpin Bank Maluku, BRI, BNI, Mandiri, dan Modern, petugas percepatan penanganan Covid Malra dan Tual, serta Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, menyatukan persepsi dalam penanganan pencegahan Covid-19, serta mengetahui gambaran kesiapan sembilan bahan pokok (sembako) dalam menghadapi penyebaran Covid-19, dan hal-hal teknis lainnya.
  3. Sabtu, (28/3/2020), pukul 16.00 WIT, dilakukan rapat bersama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Malra dan Kota Tual yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Malra dan Tual, sebagai tindaklanjut atas hasil rapat koordinasi antara Pemkab Malra dan Pemkot Tual, sekaligus menetapkan kesepakatan bersama tentang penanganan Covid-19 di Malra dan Tual.
  4. Sabtu, (28/3/2020), dilakukan penyemprotan disinfektan di Rumah Dinas Asrama TNI Angkatan Laut, Rumah Dinas Asrama TNI Angkatan Udara, Kantor PUPR Malra, Kantor Dinas Lingkungan Hidup Malra, Statistik, Inspektorat, Bulog, Polsek Kei Kecil, Samsat, Perumahan Warga, dan perkantoran sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Langgur.
  5. Sabtu, (28/3/2020), dilakukan pemeriksaan Covid-19 penumpang Maskapai Penerbangan Wings Air di Bandara Udara Karel Sadsuitubun Langgur dengan jumlah 76 orang, Pelabuhan Motor Watdek dengan jumlah 120 penumpang, dan Pelabuhan Motor Elat dengan jumlah 68 penumpang. Hasil pemeriksaan negatif atau tidak ditemukan gejala pandemik Covid-19.
  6. Sabtu malam, (28/3/2020), Polres Malra bersama Satpol PP Malra melakukan tindakan pembubaran terhadap kerumunan orang pada beberapa titik serta sosialisasi penutupan sementara tempat hiburan dan karaoke yang berada di Malra.

Reporter: Robert Remetwa/ Penulis: Labes Remetwa/ Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here