Dukung M-LIN, Pemkab Malra Siapkan Sentra Perikanan

Maluku Tenggara memiliki peluang sebagai sub hub program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN)


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara tengah menyiapkan sentra perikanan dalam mendukung Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN).

Dilansir dharapos.com, tiga wilayah yang menjadi prioritas pengembangan M-LIN yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Meski demikian, dalam sambutannya pada forum perangkat daerah Dinas Perikanan, Rabu (3/3/2021), Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun menganggap Maluku Tenggara memiliki peluang sebagai sub hub dari program M-LIN.

Untuk itu, dia meminta Dinas Perikanan Malra agar terus melakukan konsolidasi dan koordinasi di tingkat provinsi maupun pusat dalam rangka pemenuhan infrastruktur perikanan, baik pelabuhan, sarana produksi perikanan, sistem rantai pasok dingin, dan sistem distribusi hasil perikanan.

Usai forum tersebut, Kepala Dinas Perikanan Malra Nicodemus Ubro menjelaskan, pihaknya bersama Asisten II dan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan sementara mengupayakan feasibility study (FS) terhadap daerah sekitar Ohoi Uf yang ditargetkan menjadi sentra perikanan.

“Paling kurang, yaitu tahun depan ini kita sudah bisa melihat dalam bentuk perencanaan untuk pembangunan sentra perikanan di Maluku Tenggara, khususnya di daerah Uf,” ungkap Niko.

Dia menambahkan, Uf disiapkan jadi sentra perikanan karena memiliki posisi strategis dalam teluk, akses ke fishing ground lebih mudah, dan infrastruktur jalan masih bisa diperlebar untuk kepentingan arus lalulintas yang tinggi.

Editor: Labes Remetwa


Tiga wilayah yang menjadi prioritas pengembangan M-LIN yakni Kepulauan Tanimbar, Buru dan Seram Bagian Barat.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU