Gubernur Maluku Resmi Membuka Kegiatan Lomba VG “Donci Kajadiang” Nyanyikan Lagu Anugerah.

“Pertama, orang Maluku sejak dulu, sudah dikenal dengan budaya menyanyi bukan saja di level lokal, tetapi juga nasional, bahkan mancanegara, dapat dikatakan musik dan lagu, merupakan DNA orang Maluku,” terang Gubernur


Ambon, Suaradamai.com – Dengan menyanyikan lagu Kristiani berjudul Anugerah, Lomba Vocal Group (VG) “Donci Kajadiang” resmi dibuka pelaksanaan-nya oleh Gubernur Maluku, Irjen. Pol (Purn) Drs. Murad Ismail di Islamic Centre, Senin (20/12/22).

Pada momen itu, Gubernur Maluku beserta Istri Ny. Widya Pratiwi Murad turut hadir pada babak penyisian yang mempertemukan 7 peserta dari jumlah keseluruhan yakni 22 peserta yang nantinya akan bertanding untuk memperebutkan piala tetap Gubernur Maluku.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyampaikan, acara ini merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas penyertaan Tuhan bagi kita yang telah tiba di akhir tahun 2022, khususnya bagi umat Kristiani yang saat ini sedang menyiapkan dan merayakan Natal atau Malam Kajadiang 2022. Sehubungan dengan itu ada 3 hal yang perlu dirinya sampaikan.

“Pertama, orang Maluku sejak dulu, sudah dikenal dengan budaya menyanyi bukan saja di level lokal, tetapi juga nasional, bahkan mancanegara, dapat dikatakan musik dan lagu, merupakan DNA orang Maluku,” terangnya.

Kedua, Ibadah umat Kristiani sarat dengan nyanyian, baik paduan suara, vocal group, kwartet, trio, duet dan solois, itu semua merupakan ungkapan dan ekspresi pujian kepada Tuhan yang Maha Kuasa bahkan teolog Krsiten asal Perancis John Calvin mengatakan bahwa Iman Kristen adalah Iman yang bernyanyi.

Gubernur juga menyampaikan, selain mempersembahkan suara yang indah dan harmonis tetapi juga wajib memaknai lomba ini sebagai bagian dari pertanggung-jawaban Iman-nya.

“Dan ketiga, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia, dewan juri dan peserta lomba serta semua pihak yang terlibat, nikmatilah kegiatan ini dengan selalu menjaga keamanan dan ketertiban serta kiranya membawa suka cita bagi Masyarakat Maluku,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Pdt. Drs. Athes. J.S Werinussa, M.Si yang ditunjuk selaku ketua Panitia menjelaskan, penyelenggaraan VG lagu-lagu Natal yang dinamakan “Donci Kajadiang” terselenggara atas inisiatif Gubernur Maluku, Bpk.Murad Ismail beserta Istri, Ny. Widya Pratiwi Murad sebagai Upu Latu dan Ina Latu Maluku.

“Karena itu, bagi kami panitia penyelenggara kegiatan donci kajadiang ini merupakan perwujudan kasih sayang dari Upu Latu dan Ina Latu Maluku dalam hal ini Bapak Gubernur dan Istri kepada sebagian anak-anaknya yang adalah Rakyat Maluku yang merayakan Natal di Tahun 2022,”jelasnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut dalam menyambut  perayaan Natal merupakan kali pertama digelar di Kota Ambon.

“Memang pernah dilaksankan lomba Vocal Grup di tahun 90-an, serta lomba yang diselenggarakan oleh lembaga pesparawi, namun bukan dalam rangka perayaan Natal,” sebut Werinussa.

Lanjut ia, karena itu mengatasnamakan umat Kristen di Kota Ambon dan sekitarnya kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan Ibu atas penyelenggaraan kegiatan ini, yang turut menyemarakkan perayaan Natal kami di tahun 2022,”ungkap Mantan Ketua Sinode GPM tahun 2015.

Athes berharap, di tahun-tahun berikut kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan demi pengembangan VG di Kota Ambon dan sudah tentu di Provinsi Maluku.

“Karena itu, kepada pemimpim Umat Kristen Protestan dan Katolik kami harap dapat menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari agenda perayaan Natal tahunan ke  depan,” tandasnya


Baca juga:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU