Hadapi Corona, Ketua DPRD Malra Imbau Masyarakat Taat Anjuran Pemerintah

Lebih dari 170 negara telah melaporkan kasus Covid-19. Di Indonesia virus corona sudah merebak ke 31 provinsi.


Langgur, suaradamai.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Minduchri Kudubun menilai Corona Virus Disease atau Covid-19 sangat membahayakan. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar menaati anjuran pemerintah supaya terhindar dari ancaman virus corona.

Anjuran dimaksud antara lain:

  • Social distancing atau menjaga jarak (karantina selama 14 hari bagi pelaku perjalanan yang baru kembali dari luar daerah atau luar negeri; menjaga jarak berinteraksi antara sesama sejauh 1,5 – 2 m;  tetaplah dirumah, jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak).
  • Menerapkan pola hidup sehat (cuci tangan menggunakan sabun;  makan makanan bergizi; minum air minimal delapan gelas sehari; menjaga lingkungan bersih; istirahat yang cukup).
  • Usahakan tidak boleh menyentuh area mulut, hidung, dan mata saat beraktivitas.
  • Orang yang sakit harus menggunakan masker. Orang sehat tidak perlu.

Dengan menaati anjuran tersebut, diharapkan dapat meminimalisir bahkan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kepulauan Kei.

Di pihak lain, Kudubun juga meminta kepada pemerintah daerah agar cermat dalam melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang baru kembali dari luar daerah atau luar negeri.

Melansir Kompas.com, jumlah kasus infeksi virus corona Covid-19 secara kumulatif di dunia masih terus mengalami peningkatan. Lebih dari 170 negara telah melaporkan kasus Covid-19.

Hingga Senin (30/3/2020) pagi, data real time yang dikumpulkan oleh John Hopkins CSSE menunjukkan, angka kasus positif sebanyak 720.117 kasus. Dari jumlah tersebut, 33.925 meninggal dunia dan 149.082 pasien telah dinyatakan sembuh.

Di Indonesia, pemerintah menyatakan bahwa data yang dihimpun juga memperlihatkan bahwa pasien Covid-19 bertambah. Hingga Senin (30/3/2020), total ada 1.414 kasus. Kemudian, diketahui total ada 122 pasien Covid-19 yang meninggal dunia, 75 pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Di Provinsi Maluku, terkonfirmasi 1 pasien positif terinfeksi corona di Kota Ambon.

Reporter: Robert Remetwa/ Penulis: Labes Remetwa/ Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU