Jokowi Pulang: Warga di Kei Bakar Ban dan Palang Jalan

Warga Ohoi/Desa Faan kecewa karena kampungnya tidak dilalui rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Langgur, suaradamai.com – Sekelompok warga Ohoi/Desa Faan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, membakar ban dan memalang jalan di ruas jalan Faan menuju Ohoi Sathean, Kamis (15/9/2022).

Pemalangan ini merupakan reaksi spontan dari warga setempat. Mereka kecewa karena kampungnya tidak dilalui rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam kunjungan kerja (Kunker) Kepala Negara di Kepulauan Kei.

Padahal, sebelumnya mereka mendapat informasi bahwa rombongan Presiden akan melalui kampungnya. Atas informasi itu, mereka langsung bikin persiapan: melakukan pembersihan ohoi/desa, memasang bendera dan umbul-umbul.

Namun, sejak kedatangan hingga pulang, rombongan Presiden tidak melalui Ohoi Faan. Tidak ada informasi lanjut juga soal rute yang berubah. Warga kecewa lalu palang jalan.

Jalan dipalang sejak Presiden Jokowi diketahui melintasi jalur yang berbeda ke arah Bandara Karel Sadsuitubun Langgur atau sekitar pukul 08.00 WIT.

Palang terdiri atas dua lapis. Lapisan pertama menggunakan adat setempat, yaitu menempatkan sejumlah perempuan dan ibu-ibu di tengah jalan. Kemudian, di belakangnya, warga menaruh tanda larangan, kayu, dan batu.

Selain itu, mereka juga membakar ban dan menjaga ketat palang tersebut.

Atas aksi ini, akses di jalur tersebut lumpuh total. Warga ohoi sekitar harus mengambil rute jalur bandara. Civitas akademika Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) terjebak di tengah. Sebab, aksi serupa juga ternyata dilakukan di Ohoi Sathean.

Koordinator Aksi Anakletus (Etock) Fangohoi menegaskan, pihaknya tidak akan membuka palang sebelum ada informasi dari Istana Negara.

“Kami tidak butuh Kantor Bupati mengambil keputusan, kami tidak butuh Kantor Gubernur mengambil keputusan, yang kami butuh adalah Istana Negara angkat bicara,” tegas Fangohoi.

“Presiden Joko Widodo itu kami punya Presiden juga. Kami merindukan beliau,” ujar Fangohoi.

Untuk diketahui, setelah kunjungan di Kepulauan Kei, Presiden melanjutkan kujungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Aru.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU