KTT G-20 Siap Digelar di Bali Pekan Depan, Jokowi: untuk Pemulihan Ekonomi Dunia

Konferensi akan berpusat di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali.


Jakarta, Suaradamai.com  – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang. Tahun ini Indonesia terpilih sebagai Presidensi sehingga menjadi tuan rumah pertemuan bergengsi itu.

Konferensi akan berpusat di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Konferensi Tingkat Tinggi yang akan mempertemukan kepala negara/pemerintahan anggota G20 itu mengusung tema ‘Recover Together Recover Stronger’.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Posisi Presidensi G20 adalah sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia, sekaligus kesempatan untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia.

“Untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil dan berkelanjutan,” kata Jokowi di media sosial resminya, Rabu, 2 November 2022.

Jokowi memastikan, setidaknya sudah 17 pemimpin negara yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir.

“Tiga lainnya sedang ditunggu konfirmasinya,” ungkapnya.

“Persiapan menghadapi acara besar G20 di bawah keketuaan Indonesia tersebut, Insyaallah berjalan dengan baik di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian saat ini,” tambah Jokowi.

Selain anggota G20, akan hadir juga delegasi lainnya. Kemenkumham Bali menyebutkan total delegasi berjumlah 12.750 orang. Terdiri dari perwakilan berbagai level hingga jurnalis.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, menjelaskan keimigrasian menyiapkan 4 jalur penerimaan para delegasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Mulai jalur umum hingga VVIP.

“Kedatangannya (delegasi) mungkin ada yang (lewat jalur) domestik. Karena kan ada dari negaranya tidak ada penerbangan langsung ke Bali. Jadi mendarat di Jakarta. Dari Jakarta (berangkat) domestik ke Bali,” kata Anggiat di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung belum lama ini.

Sebagai rangkaian dari KTT G20, sebelumnya telah digelar pertemuan setingkat menteri dan deputi.

Juga ada pertemuan kelompok kerja terkait isu-isu spesifik agenda G20 yang semuanya mengarah ke puncak KTT G20 pertengahan November ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU