Kunjungi Tanimbar, Dedi Miharja Bicara Soal Program satu Juta Nelayan Berdaulat

“Harus bentuk koperasi nelayan di Tanimbar ini untuk menjawab tantangan blok Masela dan Maluku Lumbung Ikan Nasional. Jangan mau jadi penonton di daerah sendiri,” pesan Dedi.


Saumlaki, suaradamai,com – Dalam lawatan ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Ketua PPK Kosgoro 1957 Bidang Kelautan dan Perikanan Dedi Miharja, berkesempatan menemui kader dan pengurus PDK Kosgoro di Bumi Duan Lolat, Jumat (18/06/2021).

Dihadapan kader, Dedi berharap agar kepengurusan Kosgoro di Tanimbar harus mampu menjalankan program-program pemberdayaan yang menjadi visi misi Kosgoro untuk mensejahterakan rakyat.

“Harus bentuk koperasi nelayan di Tanimbar ini untuk menjawab tantangan blok Masela dan Maluku Lumbung Ikan Nasional. Jangan mau jadi penonton di daerah sendiri,” pesan Dedi.

Selain itu, Dedi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI itu, turut memperkenalkan program satu juta nelayan berdaulat yang digagas oleh Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Program satu Juta Nelayan Berdaulat bertujuan meningkatkan kedaulatan ekonomi nelayan di Indonesia melalui dukungan teknologi 4.0.

Meningkatkan tingkat pemanfaatan sumber daya laut, mengurangi angka kemiskinan, dan meningkatkan kedaulatan maritim Indonesia dengan melibatkan nelayan sebagai garda terdepan.

Lebih lanjut, Dedi menyinggung soal program “Fish On”. Dia menjelaskan, melalui aplikasi “Fish On” yang tersambung dengan satelit oceanographic itu, para nelayan bisa langsung mengetahui lokasi berkumpulnya ikan sehingga akan lebih efektif dan hemat bahan bakar minyak (BBM) saat melaut.

“Kalau dulu itu nelayan cari ikan, sekarang dengan adanya teknologi Fish On, nelayan tangkap ikan,” pungkas Dedi.

Editor: Petter Letsoin


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU