Nahkoda KM. Palung Mas Apresiasi Kinerja Satgas Angkutan Laut Tual

Nahkoda mengusulkan tambahan unit pemeriksaan di Pelabuhan Yos Sudarso Tual.


Tual, suaradamai.com – Satgas Angkutan Laut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tual memeriksa 20 kru KM. Palung Mas di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, Senin (8/6/2020).

Seperti biasa, Satgas melakukan pemeriksaan rutin secara ketat terhadap kru dan kapal: menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, mengecek suhu, mengambil data diri, dan memeriksa isi kapal.

Hasil pemeriksaan tidak ditemukan suhu tubuh yang melebihi batas normal dan tidak ada hal-hal yang mecurigakan di kapal.

Nahkoda KM. Palung Mas Dedi Siswanto kepada suaradamai.com mengatakan, pemeriksaan di Pelabuhan Yos Sudarso Tual “sangat meriah”. Berbagai unsur di bawah komando Danlanal Tual berperan aktif. Selain itu, alunan musik “goyang Meti Kei” dan lagu goyang lainnya membuat suasana tidak menegangkan dan bersemangat.

Surprise ini, di Pelabuhan lain belum ada … Kita sudah di Surabaya, Tarakan, Kendari, Gorontalo, Merauke, area Papua, Dobo … Surprise (di) Tual,” ujar Dedi.

Di sisi lain, Dedi mengusulkan agar tim menambahkan satu unit pemeriksaan yakni tes kandungan oksigen dalam darah. Ini dimaksudkan untuk mendeteksi orang dengan gangguan pernapasan. “Pernah kia alami (pemeriksaan oksigen) di Kendari. Alhamdulilah semua sehat,” katanya.

“Sebenarnya kita takut orang darat. Karena dunia kita kan kecil. Kita hanya 20 orang. Selalu kita jaga kesehatan, makan, dan lain-lain. Sedangkan orang darat kita gak (tidak) tahu,” katanya meminta pihak Satgas memastikan kondisi kesehatan personilnya saat hendak memeriksa kru dan kapal.

Danlanal Tual I. G. P. Wisnawa – juga sebagai Ketua Satgas Angkutan Laut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tual diwawancarai usai pemeriksaan di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, Senin (8/6/2020). Foto/Labes Remetwa

Menanggapi usulan dan keluhan dari Nahkoda, di tempat yang sama dalam kesempatan berbeda, Danlanal Tual I. G. P. Wisnawa mengatakan bahwa pihaknya bertindak sesuai dengan protokol yang dikeluarkan oleh pemerintah. Meski demikian, Ia tidak menolak masukkan dari berbagai pihak dalam rangka meningkatkan protokol pemeriksaan.

Danlanal juga memastikan bahwa personil Satgas Angkutan Laut sudah steril sebelum bekerja.  “Kalo tidak steril kita tidak akan turunkan. Dalam ketentuan nasional kita masih biru, jadi dari kita tidak ada yang terkontaminasi. Tetapi prosedur (sterilisasi personil) tetap kita laksanakan,” tambahnya.

Editor: Labes Remetwa


Ketua Satgas Angkutan Laut Gustu Covid-19 Tual tidak menolak masukkan dari berbagai pihak dalam rangka meningkatkan protokol pemeriksaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU