Selasa, April 7, 2020
Update Covid

Update CovidMaluku

Perkembangan terkini virus corona di Provinsi Maluku

Beranda Budaya Nuansa Wisata Evav Budaya Ramaikan Wonderful Sail di Ohoi Namar

Nuansa Wisata Evav Budaya Ramaikan Wonderful Sail di Ohoi Namar

Ohoi Namar merupakan perpaduan lengkap dari wisata budaya, religius, pantai dan kuliner. Realitas ini dimanfaatkan dengan baik oleh Ohoi Namar. Lewat pelaksanaan Wonderful Sail di Maluku Tenggara, para wisatawan dibuat terpukau dengan kekayaan budaya dan wisata yang dimiliki.

Langgur (Namar) suaradamai.com – Ohoi (Desa) Namar layak menjadi percontohan pariwisata budaya di Nuhu Evav (Kepulauan Kei). Dengan mengedepankan konsep adat Evav, pemerintah ohoi dan masyarakatnya menyambut 102 wisatawan asing yang hadir, Kamis (25/07/2019). Tanggapan beragam bernada positif muncul dari wisatawan yang hadir. Sungguh sebuah prestasi yang patut diteladani mengingat dinamika kehidupan adat Evav yang semakin terdegradasi oleh perkembangan zaman dunia modern.

Seluruh kegiatan dikemas dengan memperhitungkan segi adat. Satu demi satu kekayaan Evav ditampilkan. Tarian sawat mengawali penjemputan para wisatawan. Kemudian diikuti prosesi penerimaan secara adat oleh mitu duan dan orang kai Ohoi Namar. Tidak hanya sampai di situ, atraksi-atraksi dan menu makan siang yang disuguhkan juga disesuailan dengan mengedepankan ciri khas kekayaan lokal.

Indahnya kebersamaan terlihat jelas ketika seluruh pengunjung yang hadir ikut menari dalam setiap tarian Evav yang ditampilkan seusai makan siang. Kesederhanaan masyarakat Namar dengan segala bentuk penyambutannya jelas membangun kesan mendalam bagi wisatawan.

“Masyarakat di sini sangat luar biasa dan bersahabat Sungguh!, hari ini kami diperlakukan seperti seorang raja dan ratu. Tak pernah sekalipun dalam kunjungan-kunjungan sebelumnya, kami mengalami penyambutan seperti ini. Kami sangat merasa bangga. Di sini kami merasa seperti di rumah sendiri,” ungkap Mathew wisatawan asal Inggris.

“Saya akan rindu dengan keramahan masyarakat di sini. Mungkin suatu saat saya akan berkunjung kembali ke sini. Saya hampir tak bisa menggambarkan perasaan saya. Mereka sangat baik, bersahabat dan peduli pada kami. Ini sangat luar biasa. Kami dianggap sebagai bagian dari masyarakat di sini. Semua yang mereka berikan hari ini, sangat berkesan bagi saya,” ungkap Marsya (istri Mathew).

Semarak Ohoi Namar menyambut pelaksanaan Wonderful Sail to Indonesia setidaknya telah memberikan nuansa baru bagi dunia pariwisata budaya di Evav. Namar dapat dijadikan sebagai rujukan tujuan wisata yang lengkap. Karena selain wisata budaya, terdapat pula wisata kuliner dan wisata alam pantai yang eksotis. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Ohoi Namar Roby Sirwutubun dalam sambutannya.

“Anda adalah bagian utuh dari kami. Masyarakat adat Ohoi Namar akan selalu menyambut kehadiran anda sekalian. Di sini kami memiliki konsep pariwisata yang lengkap dengan wisata budaya, wisata kuliner, wisata pantai yang indah dan lebih lagi wisata religius, karena di tempat ini terdapat lokasi peringatan masuknya ajaran agama Kristen Katolik 100 tahun yang lalu,” ungkap Roby.

Roby berharap agar lewat event akbar Wonderful Sail yang dilaksanakan, nantinya dapat memberi dampak bagi kunjungan wisatawan ke Ohoi Namar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

ARTIKEL TERPOPULER

Tinjau Tes CPNS, Bupati Malra: Cerdas Tapi Harus Teliti

“Cerdas tapi harus teliti dan kosentrasi dengan soal-soal yang ada. Sandarkanlah diri pada Tuhan,” ujar Bupati Malra M. Thaher Hanubun.

Tahun 2021, Warga Ohoi Wermaf Miliki Rumah Layak Huni

Pemerintah Ohoi (Desa) Wermaf tidak tanggung-tanggung mengalokasikan anggaran jumbo untuk rehab rumah warga. Elat,...

Inilah Hasil SKD CPNS Malra, Hari Ketiga

111 orang dinyatakan memenuhi passing grade. Langgur, suaradamai.com –  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil  di lingkungan...

Update Covid-19 Malra: Jumlah ODP dan PDP Masih Tetap

Tim melakukan penyemprotan disinfektan di tempat karantina dan rumah warga – 26 lokasi – di daratan Kei Kecil.

KOMENTAR TERBARU