OMK dan Apek Bersama Pemda Malra Bentangkan Merah Putih di Ve’e Kes Yang

Ketua OMK Stasi Langgur Ronal Toatubun, yang juga adalah koordinator Kirab Merah Putih, mengajak seluruh pemuda di Kabupaten Maluku Tenggara untuk bersatu membangun daerah.


Langgur, suaradamai.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 75, Orang Muda Katolik (OMK) Langgur dan Aliansi Pemuda Kota (Apek) Malra bersama Pemkab Maluku Tenggara membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 300 meter.

Kegiatan peringatan gebyar kemerdekaan Republik Indonesia itu dilaksanakan bersamaan dengan panen raya yang dipusatkan di Ve’e Kes Yang, Sabtu (15/8/2020).

Seusai pelaksanaan panen raya perdana di petak 36 lokasi Ve’e Kes Yang, OMK dan APEK Malra bersama Pemkab Maluku Tenggara beranjak menuju pusat kebun Ve’e Kes Yang untuk melaksanakan Kirab Merah Putih.

Dalam kegiatan pembukaan itu Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, Ketua Penggerak PKK Eva Eliya Hanubun bersama Para Staf Ahli dan Forkompimda disambut dengan tarian adat Kei oleh siswa SMA Negeri 3 Malra. Diikuti dengan nyanyian lagu merah putih sambil mengibarkan bendera Merah Putih di masing-masing pondok.

Rangkaian acara gebyar itu juga diisi oleh pesan yang dibawakan oleh Bupati, nyanyian lagu kemerdekaan oleh tim penyanyi yang beranggotakan tujuh orang, serta pembacaan puisi kemerdekaan oleh dua orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu-ilmu Sosial (STIS) Tual.

Acara dilanjutkan dengan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 300 meter di tengah Ve’e Kes Yang oleh APEK Malra dan OMK Langgur. Nyanyian lagu Merah Putih mengiringi proses itu.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun mengatakan, masyarakat Maluku Tenggara terutama generasi muda perlu diperkuat dengan mengembangkan kecerdasan emosional, kecerdasan moral dan kecerdasan spiritual yang seimbang.

“Tantangan dan hambatan mesti dihadapi sebagai proses menuju kedewasaan dan menjadikan Maluku Tenggara selangkah lebih maju. Nilai-nilai kebangsaan dan semangat persatuan kesatuan yang telah diwariskan oleh para leluhur dan pahlawan pendiri bangsa menjadi acuan kita dalam mengarungi perjalanan Maluku Tenggara hari ini dan esok,” ujar Bupati.

Memperjuangkan Maluku Tenggara Jaya

Ketua Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Langgur Ronal Toatubun, yang juga adalah koordinator Kirab Merah Putih, mengajak seluruh pemuda di Kabupaten Maluku Tenggara untuk bersatu membangun daerah.

“Mari kita perjuangkan daerah ini. Sesuai tema hari ini, ‘memperjuangkan Maluku Tenggara Jaya’ untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Ronal.

Ronal mengajak anak muda untuk mendukung kegiatan pemerintah. “Kita anak mudah jangan terpecah belah. Justru kepentingan anak muda ke depan adalah membangun semangat,” katanya.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU