Pemkot Tual Luncurkan DAK Integrasi Bidang Perumahan, Sanitasi dan Air Bersih

Ada 10 output yang akan dihasilkan melalui kegiatan DAK Integrasi.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual meluncurkan program Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi Tahun Anggaran 2021 Bidang Perumahan, Sanitasi dan Air Bersih.

Dengan tema “peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh sebagai entrance city,” program ini diperuntukan bagi empat lokasi yakni Apolo Atas, Fidabot, Yarvuan dan Kiom.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Fahry Rahayaan dalam laporannya menjelaskan DAK kali ini berbeda dengan sebelumnya. DAK sebelumnya dikhususkan untuk satu kegiatan (DAK Sanitasi, misalnya). DAK Integrasi menggabungkan beberapa kegiatan pembangunan (DAK Integrasi Perumahan, Sanitasi dan Air Bersih).

Output yang akan dihasilkan melalui DAK Integrasi ini di antaranya pembangunan rumah hunian tipe 36, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalur perpipaan distribusi, sambungan rumah air bersih, pembangunan reservoir, pembangunan IPAL terpusat, pembangunan jamban, pembangunan TPS 3R, perpipaan dan pengadaan truck ninja.

Melalui APBD dan kolaborasi, Pemkot Tual dan swasta juga akan melaksanakan pembangunan di kawasan tersebut di antaranya RTP (Pemberdayaan Ekonomi Warga), jalan lingkungan, pengadaan kontainer sampah (APBD), pembangunan dinding penahan tanah (APBD), railing pagar (APBD), pemasangan listrik (APBD), pemasangan lampu jalan umum (APBD), pengecatan rumah hunian (swasta), motor sampah (APBD) dan pembangunan drainase (APBD).

Warga penerima manfaat berdialog dengan Pemerintah Kota Tual di Pendopo Yarler, Kamis (4/6/2020). Foto/Labes Remetwa

Dalam sambutannya, Wali Kota Tual Adam Rahayaan menginstruksikan dinas terkait agar membuat program inovatif dalam rangka mendukung kawasan tersebut. Dalam hal membikin program, Wali Kota juga instruksikan pimpinan OPD agar melibatkan masyarakat.

“Saya sangat berharap peran aktif dari OPD-OPD pelaksanaan DAK Integrasi terutama dinas-dinas pemberdayaan, sudah berpikir program dan kegiatan (inovatif) 2021,” kata Adam di Pendopo Yarler Kota Tual, Kamis (4/6/2020).

Acara peluncuran program ini diwarnai dengan dialog interaktif antara warga penerima manfaat dengan Pemkot Tual. Lima warga mempertanyakan sertifikat tanah hingga rumah yang akan dibangun.

Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Maluku Tenggara yang hadir saat itu menjamin proses penyelesaian sertifikat tanah. Menurutnya, pegawai Badan Pertanahan sudah mengambil semua data dan hanya akan memproses pembuatan sertifikat.

Editor: Labes Remetwa

Pimpinan OPD diharapkan libatkan masyarakat saat membikin program inovatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU