Pemprov Pabar dan Pemkab Manokwari Dukung “Papua Muda Inspiratif” untuk Kesejahteraan Papua

Sebagai langkah awal dukungan kepada PMI, Pemprov Papua Barat menyiapkan lahan untuk penanaman jagung di daerah Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Manokwari.


Manokwari, suaradamai.com – Langkah anak-anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua, telah banyak mendapat dukungan. Kali ini dukungan datang dari Penjabat Gubernur Papua Barat (Pabar) Paulus Waterpauw dan Bupati Manokwari Hermus Indou.

Mereka menyampaikan dukungan usai melakukan pertemuan dengan Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN I Gede Made Kartikajaya di kawasan Manokwari Timur, Papua Barat, Jumat (19/8/2022).

Paulus menyatakan akan mendukung program PMI demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Papua Barat. “Jadi apa yang menjadi tujuan aktivitas tujuannya PMI, nanti kita akan dukung penuh,” kata Paulus usai pertemuan.

PMI merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN). PMI bertugas membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua. Lewat PMI, diharapkan anak-anak muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatifnya dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua.

PMI memiliki banyak ide dan gagasan kreatif dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Papua, salah satunya terkait ketahan pangan nasional. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Untuk mendukung langkah PMI, Paulus mengatakan Pemprov telah mengirim tim agar menyiapkan lahan untuk penanaman jagung di daerah Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Manokwari.

“Kita akan bekerja bersama untuk menyiapkan lahan-lahan dalam rangka menjawab apa yang menjadi kebijakan Bapak Presiden. Nah tanaman yang cepat itu jagung yah, kemudian tanaman-tanaman palawija yang lain,” ucap pensiunan Polri berpangkat Komisaris Jenderal itu.

Paulus juga akan menyiapkan secara teknis Harga Acuan Pembelian (HAP) dari hasil pertanian jagung. Ia berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia agar mendukung pengelolaan pertanian, peternakan, dan program lainnya dalam rangka mendukung anak-anak muda di PMI.

“Harapannya segera jalan dan segera terwujud. Banyak lah, sumber daya manusianya juga kita harus siapkan dengan baik. terutama dalam hal mengelola pertanian itu, termasuk peternakan,” tutur Mantan Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini.

Dukungan dari Pemkab Manokwari

Dukungan juga datang dari Pemerintah Kabupaten Manokwari. Bupati Manokwari Hermus Indou menyampaikan komitmennya untuk mendukung program kerja PMI dalam rangka mewujudkan kesejahteraan Papua dan Papua Barat melalui kerja-kerja kreatif anak muda di dalam PMI.

“Papua Muda Inspiratif kita mendukung. Karena saya kira, apapun, pemuda menempati posisi yang sangat startegis hari ini,” kata Hermus.

Menurut Hermus, bentuk dukungannya Pemkab Manokwari yaitu penyediaan lahan sekitar 2 hektar, serta mensinergikan dinas terkait agar memberikan ruang untuk pemberdayaan yang diinisiasi oleh PMI.

“Selain lahan, kita juga akan mengoptimalkan peran dari OPD-OPD untuk ada program pemberdayaan, melalui APBD kita alokasikan untuk pemuda inspiratif ini,” ucapnya.

Hermus berharap program ini secepatnya bisa terwujud, sehingga anak-anak muda Papua merasa bangga dan kemampuan mereka dapat terus berkembang.

“Mereka punya fasilitas yang memadai, mereka mau belajar untuk membangun dirinya dan juga membangun bangsa dan negara,” kata Hermus dengan bangga.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu, I Gede Made Kartikajaya yang mengenakan pakaian bertuliskan Papua Muda Inspiratif, bertemu lebih dahulu dengan Paulus beserta jajarannya. Kemudian, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Hermus Indou beserta jajarannya.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU