Polemik Jabatan Kepala Ohoi: Ruas Jalan Langgur-Wearlilir Diblokir

“Semakin cepat ada mediasi (pertemuan dengan Bupati dan Raja), maka semakin cepat juga jalan ini dibuka,” kata juru bicara.


Langgur, suaradamai.com – Sebagian warga Ohoi (Desa) Wearlilir menutup ruas jalan Langgur-Wearlilir. Pemblokiran ini buntut kekecewaan terhadap pelantikan Kepala Ohoi Definitif Wearlilir.

Menurut warga, mereka kecewa karena sebelum pelantikan pemerintah daerah menyampaikan bahwa pelantikan Kepala Ohoi Wearlilir dipending. Namun setengah jam setelah itu, dilakukan pelantikan tanpa pemberitahuan kepada mereka.

Warga menutup jalan sekitar pukul 18.00 WIT. Jalan ditutup dengan balok kayu, batu, bahkan pos PPKM Mikro dibongkar dan ditempatkan di tengah jalan.

Beberapa gadis dan ibu-ibu menjadi pagar hidup. Mereka nekat membuka pakaian (sesuai adat Kei) jika ada pihak yang memaksa membuka palang.

Kapolres Tual dan Dandim 1503/Malra sempat bernegosiasi dengan juru bicara masa aksi. Mereka meminta agar akses jalan dibuka. Namun masa aksi menuntut agar jalan dibuka apabila dipertemukan dengan Bupati dan Raja (Rat) Jab Faan malam ini juga.

“Semakin cepat ada mediasi (pertemuan dengan Bupati dan Raja), maka semakin cepat juga jalan ini dibuka,” kata juru bicara saat bernegosiasi dengan Dandim dan Kapolres.

Hingga berita ini diterbitkan, masa tetap menutup jalan. Pihak TNI-Polri pun masih berjaga-jaga di lokasi, sembari berkoordinasi dan bernegosiasi.

Sebelum itu, Bupati melantik Konradus Retobyaan sebagai Kepala Ohoi Definitif Ohoi Wearlilir. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Malra, Kamis (12/8/2021), sekitar pukul 17.21 WIT atau setengah jam sebelum aksi pemblokiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU