PPN Dumar Siap Hadapi Kegiatan Ekspor Kota Tual

“Sarana – prasarana di pelabuhan perikanan di bagi menjadi tiga yaitu, sarana pokok, sarana penunjang dan sarana fungsional,” ungkap Jaftoran.


Tual, suaradamai.com – Rencana Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) melalui Koordinasi Menteri Kemaritiman dan Investasi, terdapat dua daerah di Timur yang akan didorong untuk kegiatan ekspor perikanan.

Kepala Pelabuhan Perikanan (PPN) Dumar Silvinus Jaftoran mengatakan, Kota  Tual dan Biak merupakan dua daerah di wilayah timur yang akan melakukan kegiatan ekspor perikanan.

“Kota Tual memiliki sejarah kegiatan ekspor khususnya perikanan. Kita bersyukur, Kota Tual mendapat kesempatan ini lagi dan perlu kita perjuangkan bersama,” jelas Jaftoran di ruang kerjanya, Senin (16/8/2021).

Jaftoran mengatakan, PPN Dumar sebagai pusat penunjang kegiatan perikanan di Kota Tual memiliki beberapa sarana-prasarana penunjang memadai.

“Sarana – prasarana di pelabuhan perikanan di bagi menjadi tiga yaitu, sarana pokok, sarana penunjang dan sarana fungsional,” ungkap Jaftoran.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk sarana pokok, PPN Dumar memiliki lahan seluas 16 hektar. Enam hektar digunakan untuk membangun kawasan pelayanan publik, termasuk kantor, dan perumahan. Sedangkan untuk 10 hektar, akan dijadikan sebagai kawasan industri perikanan terpadu.

Untuk sarana penunjang, kata dia, PPN Dumar memiliki satu bangunan Kantor, ruang pertemuan kegiatan, dan beberapa bangunan untuk kegiatan pelayanan.

“Sarana fungsional, Dermaga kapasitas Panjang 176 meter, lebar 6 meter. Satu cool storage kapasitas 200 Ton,” jelas Jaftoran.

Jaftoran mengaku dalam waktu dekat, pihaknya akan menyediakan ketersediaan listrik, bahan bakar untuk kapal, dan Air.

“PPN Dumar Telah menyediakan hal tersebut, dalam waktu dekat SPBUN akan ada dipelabuhan ini. Adapun tenaga kerja, kita memiliki 21 PNS dan 17 Tenaga kontarak,”tambah kepala PPN.

Dia berharap, kegiatan ekspor di Kota Tual dapat segera terwujud dan berjalan dengan lancar, sebab jika hal itu terwujud akan memberikan dampak yang baik terhadap perekonomian di Bumi Maren.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU