Pesparani IV Maluku: Wali Kota Tual Buka Pameran dan Pentas Seni

Pameran dibuka hingga tanggal 30 September 2022. Para peserta memperkenalkan berbagai kerajinan, kuliner, produk unggulan, hingga profil investasi daerah.


Tual, suaradamai.com – Mewakili Wali Kota Tual, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Djamaludin Rahareng, membuka pameran produk lokal dan pentas seni dalam rangka memeriahkan iven Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik ke-4 tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual, Senin (26/9/2022).

Pameran ini bertujuan mempromosikan produk kearifan lokal dan kuliner dari 11 kabupaten/kota yang mengikuti iven lomba tarik suara Gereja Katolik di Kota Toleransi itu.

Kegiatan pameran diawali dengan pentas seni. Selain pengisi acara yang sudah ditetapkan, warga setempat yang hadir juga mendapat kesempatan mengisi acara tersebut.

Ketua Bidang Pameran dan Seni Panitia Pesparani Mudatsir Tamher melaporkan, pihaknya telah menyiapkan 24 stand pameran di dua lokasi terpisah. Terbagi menjadi 11 stand untuk 11 kabupaten/kota dan 13 stand untuk instansi dan masyarakat lainnya.

Pameran dibuka hingga tanggal 30 September 2022. Terpantau, ada stand pameran di lokasi kabupaten/kota yang masih kosong, antara lain dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), dan Maluku Tengah (Malteng).

Sementara 13 stand pameran di lokasi yang kedua lebih ramai. Mereka dari Dinas Perindag Tual, SMP Negeri 2 Tual, PKK Kecamatan Kur Selatan, PKK Kecamatan Tayando-Tam, PKK Kecamatan PP Kur, Ohoi Ohoitahit, SMK Negeri 1 Tual, Dinas Perikanan Tual, SD Negeri 29 Tual, Keluarga Far-Far, Muslimat NU Tual, Dharma Wanita Persatuan Tual, serta IWS dan IWAPI Tual.

Berbagai kerajinan tangan, kuliner, dan produk unggulan lainnya diperkenalkan lewat pameran tersebut. Ada rupa-rupa anyaman bambu, kain tenun, kaos wisata, gantungan kunci, karangan bunga, mutiara aru, minyak kayu putih, minyak cengkeh, minyak kelapa murni, madu, olahan gula merah, ikan garam, terasi, dan lain-lain.

Selain itu, Pemkab Malra, Pemkot Tual dan Pemkot Ambon memanfaatkan kesempatan itu untuk memperkenalkan destinasi wisata dan profil investasi daerahnya masing-masing.

Mewakili Wali Kota Tual, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Djamaludin Rahareng, mengajak peserta untuk terus berinovasi memperbaiki kualitas produk.

Ia juga berharap agar ada kerja sama antara kabupaten/kota dalam hal pemasaran produk dan potensi daerah.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU