Selasa, April 7, 2020
Update Covid

Update CovidMaluku

Perkembangan terkini virus corona di Provinsi Maluku

Beranda Olahraga Putra El Watyar Taar Sabet Juara Umum Open Tournament Malra Road Race

Putra El Watyar Taar Sabet Juara Umum Open Tournament Malra Road Race

Kemenangan ini membuktikan bahwa Pemuda Kei memiliki potensi yang luarbiasa. Potensi ini diharapkan mendapat dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mengangkat nama Evav.

Langgur, suaradamai.com – Pembalap Motor El Watyar Taar Stevano Ihalaw berhasil menyabet gelar juara umum pada kategori open tournament Maluku Tenggara Road Race Bupati Cup 2019 yang digelar di Sirkuit Lanud D. Dumatubun Langgur, Minggu (8/12/19). Putra berdarah Taar ini berhasil menyingkirkan pembalap nasional, seperti Anggi Permana dan Asep Kancil.

Vano, sapaan akrab Stevano Ihalaw, menyandang juara umum setelah berhasil mengumpulkan poin 116 pada beberapa kelas yang diikutinya, seperti PML Bebek 4T 150 cc TU-MIX, Matic 150 cc TU-OPEN, Matic 150 cc STD-OPEN. PM. dan beberapa kali dirinya naik podium peringkat ketiga, masing-masing di kelas Bebek 4T 125 cc TU-MIX dan Bebek Mesin tegak 4T 150 cc STD Pabrik.

Hasil yang diraih Vano kali ini jadi sejarah baginya dalam mengikuti kejuaraan balap motor, di dalam maupun luar daerah. Kebahagiaan pembalap ini pun berlipat ganda. Meski terbilang masih muda, dirinya mampu bersaing dengan para senior.

Yang lebih memuaskan bagi Vano, prestasi terbaik ini diraih di kandang sendiri. Tentunya dengan dukungan langsung dari Ayahanda Jhon Ihalaw serta keluarga besar masyarakat Desa Taar, Kota Tual.

“Syukur puji Tuhan, saya merasa senang sekali hari ini, karena baru pertama kali dapat juara umum. Apalagi harus bersaing dengan para senior, pastinya itu menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi saya. Yang terpenting lagi bahwa dukungan keluarga besar masyarakat Taar saat balapan tadi menjadi pemicu semangat bagi saya untuk terus dan terus melaju hingga finish,” ujar Vano kepada awak media ini.

Prestasi ini membuat Vano termotivasi dan optimis mengikuti kejuaraan balap berstandar nasional selanjutnya. Di balik itu, ia menyadari bahwa masih terdapat kekurangan yang harus dibenahi.

“Semoga dengan prestasi ini, ada dukungan dari semua lapisan masyarakat Kei bagi saya untuk bisa mewakili Maluku Tenggara di kancah arena balap motor yang lebih berkelas lagi,” pinta pemuda 16 tahun itu.

Dukungan

Doa dan dukungan orangtua menjadi bagian kesuksesan Vano, walau sebenarnya tidak ada darah pembalap yang diturunkan. “Dari keluarga kami sendiri tak ada turunan pembalap, namun ini adalah talenta yang diberikan Tuhan bagi anak saya, sehingga pernah juga meraih juara di beberapa ajang balap motor,” tutur Ayah Jhon.

“Saya akan mendukung dia seterusnya dan meminta kalau bisa dari Pemerintah Maluku Tenggara juga mendukungnya. Walau hanya dengan apa adanya saja, yang penting bisa membantu Vano mengasah bakatnya untuk bisa berkembang lebih baik lagi,” ujarnya.

Kebahagian yang sama turut dirasakan Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Koordinator Wilayah Maluku Tenggara Yohanis Bosko Rahawarin. Bagi mereka, pencapaian terbaik yang diraih Stevano Ihalaw dalam ajang open tournament road race, menunjukkan bahwa generasi muda Kepulauan Kei juga memiliki potensi dalam dunia balap motor.

“Kedepannya, dengan prestasi dan bakat-bakat yang ada, di tahun 2020 nanti melalui program kerja IMI Malra akan melakukan pembinaan secara serius bagi pembalap-pembalap lokal Kei. Kebetulan pihak IMI Malra memiliki empat buah motor yang bisa dimanfaatkan untuk latihan, jadi bagi siapa saja yang mau pakai, silakan,” ungkap Rahawarin.

Sebagai informasi, juara umum kategori lokal Maluku berhasil disabet pembalap Indra Semarang dari tim BMM YHP Adeva 23. Pembalap bernomor 164 ini sukses mengoleksi juara pada kelas Sport 2T 140 cc STD-Lokal Maluku,Sport 2T 140 cc TU-Lokal Maluku, dan Matic 130 cc TU-Lokal Maluku. (gerryngamel/labesremetwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

ARTIKEL TERPOPULER

Tinjau Tes CPNS, Bupati Malra: Cerdas Tapi Harus Teliti

“Cerdas tapi harus teliti dan kosentrasi dengan soal-soal yang ada. Sandarkanlah diri pada Tuhan,” ujar Bupati Malra M. Thaher Hanubun.

Tahun 2021, Warga Ohoi Wermaf Miliki Rumah Layak Huni

Pemerintah Ohoi (Desa) Wermaf tidak tanggung-tanggung mengalokasikan anggaran jumbo untuk rehab rumah warga. Elat,...

Inilah Hasil SKD CPNS Malra, Hari Ketiga

111 orang dinyatakan memenuhi passing grade. Langgur, suaradamai.com –  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil  di lingkungan...

Update Covid-19 Malra: Jumlah ODP dan PDP Masih Tetap

Tim melakukan penyemprotan disinfektan di tempat karantina dan rumah warga – 26 lokasi – di daratan Kei Kecil.

KOMENTAR TERBARU