Rat Merohoinean dalam Waktu Dekat Dikukuhkan

Panitia sedang menyiapkan panggung utama tempat pengukuhan di Woma El Rifal.


Elat (Ohoinangan), suaradamai.com – Setelah mengalami kekosongan (kevakuman) Rat/Raja selama kurang lebih empat tahun (2016-2020), dalam waktu dekat masyarakat adat Ratschaap Merohoinean akan dipimpin oleh seorang Rat definitif.

Ketua Panitia pengkuhan, Said Sarkol mengatakan, sesuai rencana pada Selasa 30 Juni 2020 mendatang, Mahmud Rusbal akan dikukuhkan sebagai Rat Ratschaap Merohoinean.

Panitia saat ini tengah memulai persiapan dari pembuatan panggung utama tempat pengukuhan di Woma El Rifal hingga persiapan undangan tamu-tamu yang akan hadir, termasuk Bupati Maluku Tenggara.

Rat Merohoinean yang bergelar Rat Ketel tersebut sesuai rencana akan dikukuhkan oleh Rat Baldu Wahadat dari Dullah. Hal ini mengingat sejarah perjalanan Hukum Larvul dari Baldu Wahadat kemudian diserahkan ke Ratschaap Merohoinean (Ohoinangan) selanjutnya ke Rachap Maur Ohoiwut.

Sebagai informasi, Mahmud Rusbal dilantik dengan gelar Rat Ketel XI menggantikan Hasan Rusbal (Rat X) yang meninggal 2016 silam.

Berikut urutan Rat Ratschaap Merohoinean:

  1. Katel Rusbal
  2. Bad Rusbal
  3. Siw Rusbal
  4. Bad Rusbal
  5. Balsid Rusbal
  6. Adam Rusbal
  7. Mahmud Rusbal
  8. Marsad Rusbal
  9. Rainul Rusbal
  10. Hasan Rusbal

Dalam wilayah kekuasaan adat Ratschaap Merohoinean yang meliputi 10 ohoi, terdapat lima ohoi orang kai dan lima ohoi soa.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU