Resmikan Gereja Katedral Langgur, Bupati Ajak Jaga Persatuan dan Tinggalkan Perbedaan

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara turut mengambil peran penting dalam penyelesaian pembangunan Gereja Katedral Langgur, dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp4 miliar.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun mengajak seluruh masyarakat di Langgur, untuk menjaga persatuan dan meninggalkan semua perbedaan, demi mewujudkan “Langgur yang Mulia”.

Hal tersebut ia sampaikan dalam sambutannya pada acara peresmian Gereja Santa Perawan Maria Hati Tak Bernoda Langgur, Kamis malam (13/7/2023).

Bupati Hanubun mengaku bersyukur bisa menjadi bagian dalam pembangunan gereja tersebut. Dalam kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Petrus Beruatwarin, Pemkab Malra turut mengambil peran penting dalam penyelesaian pembangunan gereja tersebut, dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Hanubun turut bangga karena setelah 23 tahun pembangunan, gedung Gereja Katedral sudah dapat digunakan oleh umat Katolik.

Meski demikian, bagi dia, gereja yang sesungguhnya bukan semata bangunan, tetapi jemaat. Di dalam gereja, lanjut Bupati, umat bukan sekadar berkumpul tetapi harus mengalami cinta dan belas kasih Tuhan.

“Bangunan gereja ini terbuat dari batu-batu mati. Tetapi kalian semua, umat Langgur, terbuat dari batu-batu hidup … sehingga mampu memancarkan kemuliaan Langgur kepada semua orang,” ujar Bupati.

Sebab itu, pada kesempatan tersebut, ia meminta semua orang yang tinggal di Woma El Fangvur, untuk tetap menjaga persatuan.

“Dengan kerendahan hati, saya meminta, mari tinggalkan segala perbedaan itu. ‘It foeng fu kut it fau fo bangle vatu,’ melihat Langgur yang mulia, yang kedepan Insha Allah Puji Tuhan lebih baik lagi,” imbuh Bupati.

Sebelumnya, Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra, Pr dan dan Bupati Malra M. Thaher Hanubun menandatangani prasasti pembangunan gereja. Penandatanganan itu disaksikan oleh Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus C. Mandagi, MSC, Pastor Paroki Langgur, Orangkay Langgur, dan Ketua Panitia Pembangunan dan Dedikasi.

Selanjutnya Ketua Panitia dan Ketua Seksi Pembangunan menyerahkan kunci gereja kepada Mgr. Seno Ngutra. Dilanjutkan dengan Uskup Ngutra dan Bupati Malra meresmikan Gereja Katedral Langgur dengan tanda penekanan tombol sirene. Kemudian pengguntingan pita oleh Istri Bupati Malra Eva Eliya Hanubun.

Uskup dan rombongan kemudian meninjau bagian dalam Gereja Katedral Langgur.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU