Ritual Adat Rinin Sambut Kedatangan Forum OPD Kominfo se-Maluku

Kedatangan para pimpinan OPD Kominfo se-Maluku dalam rangka mengikuti rapat forum OPD Kominfo di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara.


Langgur, suaradamai.com – Sebagai tuan rumah Forum Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Maluku tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyambut hangat kedatangan para Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Maluku.

Penyambutan itu dilakukan dengan ritual adat “rinin” di Bandar Udara Karel Sadsuitubun, Selasa (22/3/2022). Rinin merupakan ritual adat Kei yang bertujuan membersihkan, menyucikan, seseorang secara adat. Sehingga dipercaya, yang bersangkutan dapat beraktivitas dengan aman dan lancar di tanah Kei.

Kedatangan para pimpinan OPD Kominfo se-Maluku tersebut dalam rangka mengikuti rapat forum OPD Kominfo di Kabupaten Maluku Tenggara yang akan berlangsung selama dua hari, 23-24 Maret.

Selain ritual adat rinin, dalam sambutan tersebut juga dilakukan ritual adat pengalungan kalung tradisional dan tarian khas Bumi “Larvul Ngabal.”

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Maluku Tenggara Antonius U. W. Raharusun mengatakan, pihaknya menyambut para peserta forum OPD Kominfo, berdasarkan arahan Bupati Malra, Thaher Hanubun untuk memberikan kesan positif kepada tamu yang datang didaerah itu. “Jadi memang setiap tamu yang berkunjung di Malra, kita berlakukan yang sama,” kata Raharusun.

“Jadi memang rinin dan pengalungan kalung adat merupakan ciri khas kita. Ada bia-bia, ada juga kerang-kerangan. Kemudian ada kulit kelapa yang dimodifikasi jadi ciri khas kita bagi para tamu yang datang,” kata Raharusun menjelaskan bahan pembuatan kalung adat.

Raharusun menhelaskan, rinin merupakan budaya masyarakat Kei dimana tamu yang baru datang menginjak kaki di tanah Kei, dilakukan penyucian kepada yang bersangkutan, sehingga selama ada di sini leluhur Kei memberikan keleluasaan, keselamatan dan berkat kepada yang bersangkutan.

Begitu juga penyambutan tarian Sawat yang ditunjukkan oleh siswa dan siswi SMA Negeri 2 Malra. “Jadi kita ingin menampilkan budaya dan tradisi kita, sehingga paling tidak Malra dikenal oleh teman-teman yang datang dari luar sebagai daerah yang punya karateristik budaya yang masih hidup,” tandas Raharusun.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Maluku, Titus F. L. Renwarin mengapresiasi penyambutan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, dalam hal ini Dinas Kominfo. Karena acara penjemputan rombongan Provinsi dan Kabupaten/Kota peserta rapat Forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi Maluku  sangat luar biasa,” kata Renwarin.

Renwawrin harap, Forum OPD yang akan diselenggarakan pada 23 Maret 2022 dapat berjalan baik dan menghasilkan rekomendasi demi terwujudnya sinergitas tugas dan fungsi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta kehumasan.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU